Sukses

Kirab Ngunduh Mantu di Medan, Kahiyang Boyong 7 Kereta dari Solo

Liputan6.com, Jakarta Sebanyak tujuh kereta telah diangkut meninggalkan Solo menuju Medan. Kereta yang ditarik dengan kuda itu akan digunakan untuk kirab ngunduh mantu pernikahan putri Presiden Jokowi, Kahiyang Ayu dengan Bobby Nasution.
 
Sosok yang ditugasi Presiden Jokowi untuk mengurus kereta, Anwar Muhtadi, mengatakan, sebanyak tujuh kereta dan 14 ekor kuda telah diberangkatkan dari Solo menuju Medan pada Sabtu sore, 18 November 2017 lalu. Kereta dan kuda itu diangkut dengan menggunakan truk menuju Kota Medan.
 
"‎Dari sembilan truk itu rinciannya adalah tujuh truk untuk mengangkut kereta dan dua truk untuk mengangkut kuda. Rombongan berangkat dari Korem dan mendapat pengawalan selama perjalanan," kata Anwar, Senin, (20/11/2017).
 
‎Kereta tersebut, lanjut Anwar, nantinya akan digunakan untuk prosesi kirab ngunduh mantu. Selain sepasang pengantin, kereta yang masing-masing ditarik dua ekor kuda itu juga akan membawa keluarga kedua mempelai menuju lokasi resepsi pernikahan di Medan. 
 
"Kalau untuk kirabnya dari mananya saya belum tahu. Rabu nanti, saya baru menyusul berangkat ke Medan," ungkap Anwar.
 
1 dari 2 halaman

Prosesi Kirab

Menurut dia, rombongan truk yang membawa kereta dan kuda pada Minggu malam tiba di pelabuhan penyeberangan Merak. "Semalam infonya sudah di pelabuhan dan akan menyeberang," ujarnya. 

Seperti diketahui, ketika prosesi pernikahan di Solo, kedua calon mempelai saat itu juga dikirab dengan menggunakan kereta. Bobby dan keluarga naik kereta dari Hotel Alila menuju Graha Saba Buana. Adapun Kahiyang Ayu dan keluarga Presiden Jokowi naik kereta dari kediamannya menuju lokasi resepsi.