Sukses

5 Jenis Makanan Ini Bantu Melegakan Tenggorokan Secara Alami

Liputan6.com, Jakarta Cuaca yang tidak menentu seringkali menjadi penyebab munculnya masalah kesehatan pada tubuh. Musim hujan atau panas yang datang secara tiba-tiba tidak sedikit menyebabkan sakit atau radang pada tenggorokan. Namun sebenarnya, Anda tidak harus terburu-buru untuk meminum obat untuk meredakannya. Cukup dengan menggunakan bahan-bahan alami berikut, Anda mampu melegakan tenggorokan.

Dilansir dari Cosmopolitan, Selasa (21/11/17), berikut lima bahan makanan alami yang mampu melegakan tenggorokan.

Licorine

Sebuah studi yang diterbitkan pada Jurnal Scientific Reports pada tahun 2015 lalu, kandungan air di dalam licorine dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Bahkan para peneliti mengungkapkan bahwa berkumur-kumur dengan menggunakan ekstrak licorine selama satu menit secara teratur, dapat mengurangi rasa sakit bagi mereka yang selesai menjalani operasi pada bagian mulut, gigi dan tenggorokan.

Sage

Rendam beberapa sage kering ke dalam cangkir yang berisi air hangat, dapat membantu meringingkan peradangan pada tenggorokan. Anda juga bisa mencampurkannya ke dalam semangkuk sup ayam untuk mendapatkan cita rasa yang lezat.

 

1 dari 3 halaman

Es krim

Siapa sangka kalau es krim ternyata juga dijadikan sebagai salah satu makanan yang ampuh untuk menghilangkan rasa sakit. Kandungan susu pada es krim justru akan membantu meredakan sakit tenggorokan ataupun batuk.

Teh

Ilustrasi Teh Hijau (iStockphoto)

Teh juga dikenal sebagai obat klasik yang dapat membantu menghilngkan rasa sakit dan mencegah terjadinya penularan infeksi pada tubuh. Campurkan segelas teh hangat dengan bahan alami lainnya seperti jahe atau bunga chamomile, Anda akan mendapatkan berbagai manfaat. Seperti meredakan stres, mengingkatkan fokus dan meredakan peradangan.

 

2 dari 3 halaman

Jahe

Bagi Anda yang tidak menyukai aroma makanan yang terbuat dari jahe, mulai sekarang Anda harus berusaha untuk menyukainya. Sebab jahe dikenal sebagai bahan alami anti inflamasi yang dapat meredakan iritasi.

Ilustrasi Sakit Flu dan Demam (iStockphoto)

(Latifah Gusri)

Artikel Selanjutnya
Sembuhkan Penyakit Paru-Paru dengan Daun Cocor Bebek
Artikel Selanjutnya
Hati-Hati... Proses Masak Salah, Nutrisi Makanan Bisa Hilang!