Sukses

Rahasia Makeup Lebih Tahan Lama dengan Bedak

Liputan6.com, Jakarta Berapa lama biasanya makeup melekat sempurna di wajah? Keringat, polusi, dan air hujan mampu menghilangkan riasan pada wajah Anda. Karena itu, Anda perlu melakukan touch up untuk mengembalikan bentuk riasan wajah Anda.

Namun, touch up terlalu sering membuat peralatan makeup cepat rusak dan habis. Selain itu, riasan wajah Anda akan tampak memiliki banyak layer di beberapa bagian karena lunturnya makeup tidak selalu merata di seluruh wajah.

Ada banyak cara yang dapat lakukan untuk membuat makeup Anda tahan lama, seperti menggunakan setting spray di akhir riasan Anda. Setting spray akan mengunci bahan makeup yang Anda gunakan sehingga tahan lebih lama. Selain setting spray, Anda juga bisa menggunakan setting powder untuk mengunci makeup Anda. Bagaimana cara penggunaannya? Simak video berikut ini!

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Makeup tahan lama

Berikut tujuh tips jitu yang dapat menjaga riasan Anda tetap bertahan lama sepanjang hari.

1. Tabir Surya

Cuaca panas memang mengharuskan Anda untuk memakai tabir surya setiap hari. Oleh sebab itu, sangat disarankan untuk tidak segera mengaplikasikan makeup setelah Anda mengoleskan tabir surya pada wajah. Berikan jeda waktu sekitar beberapa menit agar tabir surya meresap ke dalam kulit sehingga makeup dapat menempel dengan sempurna.

2. Mulailah dengan bedak

Jika biasa bedak digunakan pada akhir sebuah riasan, tapi seorang makeup artist, Wayne Goss mengungkapkan penggunaan bedak pada awal riasan sangat baik. Bedak berfungsi untuk menyingkirkan minyak pada wajah sehingga foundation Anda akan benar-benar terkunci dan bertahan lebih lama.

3. Primer

Meski berbagai macam primer hadir di pasaran, tapi mereka tetap memiliki fungsi yang sama yakni membantu makeup Anda terlihat lebih baik dan tahan lama.

4. Eyeliner

Eyeliner memang menjadi salah satu item wajib untuk memberikan kesan yang berbeda pada bagian mata. Pilihlah eyeliner dengan kualitas yang terbaik agar tidak berantakan saat Anda secara tidak sadar menggosok area mata.

5. Lipstik

Sekarang ada banyak jenis lipstik yang dapat bertahan lebih lama salah satunya liquid super matte. Sayangnya, lipstik jenis ini banyak tidak cocok bagi Anda yang memiliki bibir kering. Namun tenang, Anda bisa menggunakan cara klasik agar lipstik bisa bertahan lebih lama. Oleskan sedikit foundation atau concealer di sekitar garis bibir. Kemudian oleskan lipstik secara merata, lalu ambil selembar tisu dan letakkan di antara kedua bibir Anda. Tisu berfungsi untuk menghilangkan minyak dan pigmen berlebih. Terakhir oleskan kembali lipstik Anda dan voila, lipstik akan bertahan lebih lama.

6. Foundation dan bedak

Apabila Anda memiliki kulit berminyak dan ingin makeup bertahan lebih lama, pilihlah produk yang memiliki sifat pengontrol minyak. Begitu pun sebaliknya, apabila memiliki kulit kering maka pilihlah foundation yang dapat melembapkan sebelum mengaplikasikan produk-produk matte Anda.

7. Spray

Terkahir, jangan lupa untuk menyemprotkan spray khusus pada bagian wajah agar makeup terlihat baik dan tahan lama.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.