Sukses

5 Perilaku Boros Air Tanpa Kita Sadari

Tanpa kita sadari banyak perilaku manusia termasuk diri sendiri yang cenderung boros terhadap penggunaan air bersih.

Liputan6.com, Jakarta Air sebagai elemen terpenting di bumi tak terpisahkan dengan berbagai kehidupan di muka bumi. Fungsinya selain menjaga kelangsungan hidup, air juga dimanfaatkan oleh manusia untuk mendukung kepentingan sehari-hari.

Seperti diketahui lebih dari 71% permukaan bumi tertutup air. Sebanyak 97% air tersebut berbentuk air laut dan hanya kurang dari 3% berupa air tawar yang bisa diminum. Dari jumlah air tawar di dunia lebih dari 70%-nya berupa salju abadi, es di kutub dan glasier. Sekitar 30% berupa air yang tersimpan jauh di dalam tanah.

Hanya 1% berupa air permukaan yang bisa digunakan dengan mudah. Air tersebut berupa air permukaan tanah, air  sungai, air danau dan rawa. Namun, tanpa disadari banyak perilaku manusia yang cenderung boros terhadap penggunaan air bersih.

Mandi

Banyak dari kita atau mungkin Anda yang masih menggunakan gayung untuk mandi, padahal cara ini dikhawatirkan mengakibatkan air yang terbuang lebih banyak daripada air yang mengenai tubuh. Gayung yang berat juga menyebabkan orang menjadi terburu-buru dalam mengguyur sehingga banyak air bersih yang tidak tepat sasaran.

Rata-rata orang menghabiskan 25-50 galon air per lima menit. Agar lebih hemat penggunaan shower amat disarankan karena bisa menghemat air dalam jumlah besar.

Buang Air

Tanpa disadari aktivitas buang air yang kelihatan sepele bila diakumulasi cukup banyak membuang air bersih.  Sebaiknya jangan terlalu menyiram banyak air bersih ke tempat kotoran kita. Siramlah ketika sudah selesai buang air kecil maupun air besar agar tidak terlalu banyak membuang air bersih.

Hewan Ternak

Begitu banyak kebutuhan air bersih yang dibutuhkan oleh peternakan, mulai dari untuk air minum hewan ternak, mandi hewan ternak, mencuci kandang hewan ternak, tempat hidup hewan ternak, dan lain sebagainya.

Berbagai hewan ternak yang secara massal diternakkan seperti ayam, sapi, kambing, bebek, ikan dan lain sebagainya secara tidak langsung turut menguras air bersih yang ada di alam bebas. Tahukah Anda untuk menghasilkan 1 kg daging sapi diperlukan  15.000 liter air?

Mengotori Air

Air bersih mudah sekali menjadi air kotor dikarenakan ulah manusia itu sendiri. Gemar membuang sampah cair dan sampah padat ke kumpulan air bersih seperti ke sungai dan danau salah satu pemicunya. Akibatnya sumber air lama kelamaan menjadi tidak layak konsumsi untuk menunjang kehidupan.

Mencuci

Mencuci tak lepas dari kegiatan manusia untuk bersih-bersih dan kenyataannya kegiatan ini juga yang paling banyak menggunakan air bersih. Ada banyak macam atau jenis kegiatan cuci mencuci, seperti cuci pakaian, cuci mobil, cuci motor, cuci piring, cuci lantai, cuci tangan, cuci kaki, cuci muka, dan lain sebagainya.

Ilustrasi mesin cuci yang memiliki teknologi Zeropressure dengan pilihan warna menarik.

Supaya bisa menghemat air bersih kita perlu melakukan evaluasi atas berbagai kegiatan cuci mencuci kita selama ini. Beberapa tips cara untuk menghemat air bersih pada saat mencuci adalah dengan mengecilkan kucuran air saat mencuci piring, mematikan air ketika sedang tidak digunakan, mengelap kendaraan daripada memandikan kendaraan, menggunakan deterjen yang sudah ada pelembut dan pewanginya sehingga cukup membilas pakaian sekali saja di mesin cuci, dan menggunakan mesin cuci berteknologi  Zeropressure  yang memungkinkan mesin cuci tetap beroperasi hingga selesai walaupun tekanan air kecil , seperti mesin cuci Zeromatic Belleza dari Polytron. Tekanan air di rumah Anda Kecil? Tak jadi masalah, cuci baju jalan terus !

Jadi, mari ubah kebiasaan penggunaan air untuk masa depan dunia yang lebih baik.

 

(Adv)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini