Sukses

Trik Merawat dan Membersihkan Sepatu Kulit agar Seperti Baru

Liputan6.com, Jakarta Untuk tampil maksimal, maka Anda butuh juga pemilihan sepatu yang tepat dan keren. Penampilan dari ujung kepala hingga ujung kaki dibutuhkan agar tampilan sempurna 100%.

Salah satu sepatu yang mampu memberikan kesan apik adalah sepatu kulit. Sepatu kulit juga mampu mengikuti bentuk kaki sehingga akan lebih nyaman digunakan.

Langkah Membersihakan Sepatu Kulit: 

Selain bagus untuk berbagai suasana, sepatu kulit juga sangat nyaman untuk digunakan. Namun bagaimana dengan cara merawatnya? Merawat sepatu kulit bisa sangat menyulitkan karena noda yang sulit hilang. Ada trik agar sepatu kulit Anda tetap bersih tanpa noda.

1. Awali dengan membersihkan dari debu dan lumpur kering. Sepatu kulit yang berbahan suede bisa makin bersih jika dicuci menggunakan sikat lembut khusus. Namun, jika sepatu kulit terbuat dari bahan kulit halus, maka Anda cukup gunakan lap berbahan lembut saja.

2. Aplikasikan Kondisioner bisa menjadi cara merawat sepatu kulit. Kondisioner mampu menjaga kelenturan kulit sepatu. Caranya adalah dengan menggunakan lap bersih untuk mengaplikasikan kondisioner dengan gerakan melingkar ke permukaan sepatu. Setelah itu, diamkan selama 20 menit lalu bersihkan.

3. Langkah ketiga adalah dengan mengaplikasikan semir sepatu padat. Gosok sepatu kulit dengan semir sepatu dengan lap khusus. Lalu diamkan selama 15 menit sebelum akhirnya di lap bersih.

4. Langkah terakhir yang dilakukan adalah dengan menggosok sepatu dengan lap bersih dan kering tanpa semir. Lakukan tahap ini dengan gerakan cepat namun ringan. Tujuannya adalah untuk mengangkat sisa produk semir. Hasilnya pun sepatu kulitmu akan tampak mengkilap. 

Saksikan Video Menarik Berikut Ini: 

1 dari 2 halaman

Cara Merawat Sepatu Kulit

Agar sepatu kulitmu tetap terjaga baik, maka ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, seperti berikut ini

1. Sebaiknya, hindari mengenakan sepatu kulit yang sama selama berhari-hari. Hal ini dikarenakan sepatu kulit harus memiliki waktu “istirahat” agar menjaga kelembapannya.

2. Hindari juga sepatu kulit dari air atau kelembapan yang berlebih. Jika sepatu basah, maka keringkan hingga sempurna. Anda bisa memasukkan gumpalan kertas koran kering dan mengangin-anginkannya. Jangan keringkan sepatu kulit di atas matahari langsung agar tidak kering dan retak.

3. Gunakan pengganjal khusus untuk mempertahankan bentuknya jika tidak dipakai. Bahan pengganjal yang bagus adalah berbahan kayu aras atau cedarwood. Bahan kayu ini mampu menghalau ngengat dan menyerap kelembapan pada sepatu. 

 

Artikel Selanjutnya
Manfaat Tomat untuk Kecantikan Kulit yang Belum Diketahui
Artikel Selanjutnya
Intip Ritual Kecantikan Sebelum Tidur Tsania Marwa