Sukses

Sweater Kesayangan Anda akan Terlihat Baru dengan Cara Ini

Liputan6.com, Jakarta Pada musim hujan, Anda bisa tampil gaya sekaligus menghangatkan diri dengan sweater kesayangan. Namun, semakin sering menggunakan sweater, semakin besar pula potensi rusaknya sweater kesayangan Anda.

Tak ingin kan penampilan Anda terlihat lusuh dengan sweater yang mulai usang? Dikutip dari realsimple.com pada Sabtu (18/11/2017), Anda perlu memahami beberapa hal berikut untuk merawat sweater sehingga selalu tampak seperti baru;

1. Ketika berbelanja

Terdapat berbagai macam cara untuk merawat Sweater kesayangan (Instragam/@harperbeckham_fashion)

Perawatan dimulai tidak hanya ketika Anda sudah membeli dan memakainya, tapi sejak Anda membelinya. Ketika hendak membeli sweater, perhatikan dengan cermat bahan dan tenunan yang digunakan, terutama untuk sweater berbahan wool dan kasmir.

Tenunan dari sweater haruslah rapat dan ketat. Jika Anda menemukan sweater dengan tenunan longgar, sebaiknya cari pilihan lain. Sweater dengan tenunan yang longgar akan membuatnya wool atau kasmirnya lebih mudah menggumpal dan rontok.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Sebelum mencuci

2. Sebelum mencuci

Terdapat berbagai macam cara untuk merawat Sweater kesayangan (Instragam/@ creaturefromtheblack)

Hal pertama yang wajib diperhatikan adalah care label pada sweater. Care label akan mencantumkan apakah sweater Anda aman jika dicuci di mesin cuci atau sweater Anda membutuhkan perhatian lebih dengan mencucinya menggunakan tangan atau dry cleaning.

Jika sweater Anda bisa dicuci menggunakan mesin cuci, hindari mode spin pada mesin cuci. Gerakan yang cepat pada mode spin akan membuat rajutan pada sweater Anda longgar dan menghilangkan bentuk asli dari sweater tersebut.

3 dari 4 halaman

3. Ketika mencuci

3. Ketika mencuci

Jangan campur denim dan sweater kesayangan Anda ketika mencuci menggunakan mesin cuci. Bahan denim yang kasar akan mengoyak rajutan pada sweater. Akan lebih baik jika ditambahkan softener.

Hal tersebut akan membuat kain terasa lebih halus. Untuk perlindungan ekstra, pisahkan sweater dengan pakaian lainnya ketika akan mencuci. Hal ini akan mengurangi gesekan antara sweater dan pakaian lainnya.

4 dari 4 halaman

4. Ketika menjemur

4. Ketika menjemur

Meski pada care label tercantum sweater anda dryer-safe, jangan jemur sweater Anda di bawah sinar matahari langsung. Lebih baik anda jemur di jemuran handuk untuk mencegah penyusutan dan penggumpalan pada sweater. Jangan pernah menggantung pakaian rajutan hingga kering. Hal ini akan melonggarkan tenunan pada sweater.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.