Sukses

Sering Begadang dan Lupa Mengenakan Tabir Surya? Ini Bahayanya

Liputan6.com, Jakarta Banyak kegiatan yang tanpa Anda sadari sangat mempengaruhi kondisi kulit, khususnya di bagian wajah. Seperti mengabaikan kebersihan kulit wajah, tidur larut malam sampai melupakan tabir surya.

Efeknya memang tidak langsung terlihat, namun jika terus dilakukan tidak sampai di umur 30 kulit Anda akan menjadi keriput dan semakin kusam.

Dilansir dari laman glamour.com, Jumat (17/11/2017) inilah kebiasaan buruk yang harus Anda hindari agar kulit wajah tetap terjaga dan terhindar dari penuaan dini.

1. Tidur dengan makeup

Tidur merupakan hal yang sangat penting untuk proses peremajaan sel kulit. Banyak yang mengetahui bahwa tidur yang baik bagi tubuh dan kulit adalah 8 jam per hari, namun hal tersebut akan sia-sia jika Anda tertidur dengan sisa makeup yang masih menempel di wajah.

Makeup yang tidak dibersihkan dan menempel di wajah dalam waktu yang lama akan menghambat peremajaan sel sehingga berisiko besar membuat iritasi dan kulit yang cepat keriput.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Melupakan tabir surya

Faktanya, tabir surya hanya bertahan dua jam. Ini artinya efek perlindungannya akan memudar seiring kegiatan yang Anda lakukan. Itulah mengapa penting untuk mengaplikasikan kembali tabir surya Anda sepanjang hari, jangan ragu untuk menggunakannya lagi setelah Anda ke luar ruangan.

3. Tidur Larut Malam

Tidur yang kurang tidak hanya menguras energi untuk beristirahat tapi juga kesehatan kulit Anda. Setelah terpapar polusi, dan kotoran seharian penuh, sel-sel kulit harusnya beristirahat untuk peremajaan atau perbaikan. Jika Anda melewati waktu tidur dan beristirahat, maka proses regenerasi sel tak akan berlangsung secara maksimal. Kulit pun akan terlihat lebih kusam dan nampak lebih tua.

 

3 dari 3 halaman

4. Menggunakan Alat Makeup Tanpa Membersihkannya

Membersihkan alat makeup seperti spons dan kuas adalah suatu keharusan. Setiap kali alat-alat tersebut menyentuh wajah Anda, bakteri di wajah akan berpindah, pada akhirnya bakteri tersebut akan mendekam dan berpindah lagi ke wajah Anda saat pemakaian selanjutnya. Bersihkan alat makeup Anda dengan sikat pembersih setidaknya seminggu sekali.

Risqi Rosmalawati

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini