Sukses

Puluhan Artis Entrepreneur Co-Branding Wonderful Indonesia

Kemenpar dan artis entrepreneurs ini punya kesamaan, yakni sama-sama bergerak di dunia creative industry.

 
Liputan6.com, Jakarta Sepanjang sejarah berdirinya Kemenpar RI, mungkin baru kali ini, suasana press conference dengan Menpar dalam suasana sangat santai. Bahkan boleh dibilang penuh canda, gelak tawa, sarat komedi dan ngakak total. Humor-humor artis itu mengalir dan bikin audience pun ngakak dengan ekspresi dan gaya artis yang penuh akting. 
 
Untungnya, Menpar Arief Yahya cukup lincah dan cekatan mengimbangi jokes mereka. Balairung Soesilo Sudarman Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata, pun Selasa (14/11) dibuat heboh puluhan artis Indonesia. 
 
Ada Indra Bekti, Rossa, Shireen Sungkar, Teuku Wisnu, Prilly Latuconsina, Catty Sharon, Fitri Carlina, Ussy Sulistyawati, Gracia Indri, Baim Wong, Irfan Hakim, Tengku Wisnu, Dhini Aminarti, Dude Herlino, Denny Cagur, Prilly Latuconsina, Irwansyah, Dewi Sandra, Ria Ricis/Oky, Indra Bekti dan yang mewakili Ivan Gunawan. 
 
“Kemenpar dan artis entrepreneurs ini punya kesamaan, yakni sama-sama bergerak di dunia creative industry. Brand Wonderful Indonesia sudah berinvestasi besar untuk branding, hingga menjadi nomor 47 besar dunia. Masuk dalam klaster satu, dan sudah mengalahkan Truly Asia Malaysia dan Amazing Thailand,” kata Menpar Arief Yahya. 
 
Menpar Arief Yahya juga menjelaskan bahwa branding Wonderful Indonesia akan terus dipromosikan di seluruh dunia. Di Balairung itu, menteri asal Banyuwangi itu memutar video Wonderful Indonesia yang juara kompetisi TVC dunia oleh UNWTO, black cab taxi di London, dan Tour de Singkarak. 
 
“Kalian bisa dan boleh menjadi endorser Wonderful Indonesia, terutama saat ada CoE (calender of events) yang tahun 2018 nanti ada 100 premiere events. Jadi saling mengendors. Pariwisata yang sudah punya brand kelas dunia juga bisa menjadikan official partner di events yang ada di daerah,” jelas Arief Yahya.  
 
Menpar juga menjelaskan soal POS, paid media, own media dan social media. Tiga framework strategi media Kemenpar. Satunya lagi adalah endorser.
 
“Nanti akan kita kompetisikan, kita evaluasi setahun sekali, ada promosi-degradasi, dan ada juaranya yang kita berikan awards,” ungkap Arief Yahya. 
 
"Terimakasih telah berkolaborasi mempromosikan Wonderful Indonesia dan Pesona Indonesia di berbagai produk. Saat ini sudah 62 brand. Kita menargetkan 100 brand hingga akhir tahun 2017, terdiri dari premium produk yang memiliki daya beli tinggi dan produk-produk yang menggunakan bahan dasar dari Nusantara,” ujar Menteri Pariwisata Arief Yahya, saat Co-Branding Wonderful Indonesia dan Pesona Indonesia di Jakarta, Selasa (14/11).
 
"Para artis, kan sudah punya followers yang besar, seperti Prilly yang memiliki followers lebih dari 19 juta," ujarnya. 
 
Menpar Arief Yahya juga menyebut, kerjasama kali ini memiliki berbagai persamaan. Sama-sama bergerak di bidang culture industry. 
 
"Bisnis ini sangat menjajikan. Oleh-oleh di destinasi wisata akan memberikan dampak baik bagi pariwisata Indonesia. Terlebih Artis yang punya usaha itu," kata Menpar Arief. 
 
Para artis entrepreneur yang jadir melakukan co branding dengan Wonderful Indonesia antara lain; Minang Mande Cake miliknya artis Rossa. Lalu ada Brand Banana Foster Cake milik artis Henki Kurniawan. Di Semarang ada Wingkorolls milik  Dewi Sandra. 
 
Dari Bogor ada Rain Cake milik Shireen Sungkar. Artis Dhini Aminarti dan Suaminya Dimas Seto punya brand Cinnamon. Artis sinetron Dude ada Scrummy di Padang. Usaha kue Baim Wong, dengan brand Premio. Bandung Kunafe milik Irfan Hakim dan Omesh.
 
Tidak hanya itu, ada juga brand Surabaya Patata miliknua vlogger Ria Ricis dan Oki Setiana Dewi.  Prilly Latuconsina Reallycake. di Pekanbaru juga diramaikan dengan Pekanbaru Cassata miliknya Denny Cagur. Savvanacake milik Fitri Carlina. Lenso Manado milik Gracia Indri. 
 
Dari kota Cirebon susah menjamur ada banyak artis yang membuka outlet kuenya di sana. Terdapat Cirebon Sultana (Indra Bekti). Cirebon Kelana milik pasangan Andika Pratama dan Ussy Sulistiowati. Di Palembang terdapat brand Lamonde milik Irwansyah. Gigieatcake Raffi Ahmad dan Gigi. 
 
Tidak hanya bidang kuliner, bidang fashion milik artis juga ikut meramaikan co branding Wonderful Indonesia dan Pesona Indonesia antara lain brand Mandjha.ivangunawan milik desainer Ivan Gunawan dan Urban Lips milik Cathy Sharon.
 
(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini