Sukses

7 Fakta Burger yang Jarang Diketahui

Liputan6.com, Jakarta Burger adalah salah satu makanan dari Amerika yang kini populer hampir di seluruh dunia. Hamburger atau burger adalah roti yang dilapis dengan daging atau biasa disebut patty.

Kepopuleran burger juga merambah Indonesia, terbukti dengan banyaknya restoran fast food yang menjual burger sebagai menu utamanya. Di balik kepopulerannya tersebut, ada fakta menarik dari burger yang pastinya belum kamu ketahui. Apa saja ya?

 

 

 

 

1 dari 3 halaman

Fakta Burger yang Belum Diketahui

1. Burger Pertama

Anda mungkin mengenal hamburger berasal dari Amerika, nyatanya kata hamburger diambil dari kota asalnya yaitu Hamburg, Jerman. Burger ditemukan oleh Louis Lassen pada tahun 1900. Sebelum menjadi hamburger yang kita kenal sekarang, makanan ini disajikan selayaknya sandwich dengan isi daging.

2. Berganti Nama

Setelah perang dunia kedua, pemerintah Amerika Serikat mengganti nama Hamburger dengan Liberty Sandwiches, entah apa alasannya. Namun, nyatanya hal tersebut tidak berhasil dan tetap bernama hamburger.

3. Tingkat Konsumsi

Faktanya, konsumsi makan burger di Amerika hingga 13 juta per porsi per tahun. Jika ditelaah kembali, jumlah ini sama dengan jarak 32 kali keliling dunia. Jumlah konsumsi tersebut hanya berlaku di Amerika Serikat, bagaimana di negara lain? Wah, pasti banyak sekali ya.

2 dari 3 halaman

Fakta Burger yang Belum Diketahui

4. Penemu Burger

Pada awalnya, para imigran yang berasal dari Hamburg mulai berdatangan ke Amerika Serikat, lalu mengenalkan burger mereka. Maka dari itu, dulu disebut dengan hamburg steak yang dimakan seperti steak, bukan hamburger saat ini.

Frank dan Charles Menches adalah penemu pertama burger dari Ohio. Keduanya berjualan sandwich dan kehabisan sosis, lalu menggantinya dengan daging sapi cincang. Tak disangka, justru mendapatkan tanggapan positif dari masyarakat.

5. Burger Sayuran

Patty yang paling populer adalah berbahan dasar daging sapi. Namun, untuk sebagian orang yang tidak mengonsumsi daging sapi, akan sangat sulit mengonsumsi burger. Nah, di India terdapar restoran cepat saji yang menawarkan burger dari sayuran. Bahan utama yang mereka gunakan adalah kacang kedelai. Burger ini sangat pas untuk mereka yang vegetarian.

6. Makanan Favorit Elvis Presley

Siapa sangka, musisi sekelas Elvis Presley ternyata gemar makan burger. Hampir di setiap turnya, ia harus makan burger terlebih dahulu.

7. Hall of Fame

Kepopuleran Burger membawa makanan ini dijadikan salah satu hall of fame. Galeri reputasi ini berada di Seymour, Wisconsin, Amerika Serikat. Untuk Anda penggemar burger, wajib kunjungi tempat ini.

Di Indonesia, ada banyak restoran burger yang bisa Anda pilih. Namun ada salah satu resto yang menyajikan classic burger dengan dagingnya tebel. Monster Burger hadir dengan promonya di Lakupon mulai dari Rp 18 ribu DI SINI.

Artikel Selanjutnya
Seperti Otak Manusia, Makhluk Misterius Ini Bikin Heboh Ilmuwan
Artikel Selanjutnya
7 Fenomena Alam yang Belum Dapat Dijelaskan