Sukses

11 Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami Tanpa Sampo

Cara menghilangkan ketombe secara alami ini bisa Anda coba untuk dapatkan rambut bersih.

Liputan6.com, Jakarta Seindah-indahnya rambut Anda, tetap akan tampak buruk jika ada ketombe. Ketombe adalah kulit kepala yang mati dan mengering hingga mengelupas. Ketombe bisa memberikan sensasi rasa gatal sehingga membuatnya makin tersebar.

Menggunakan sampo anti ketombe adalah hal yang umum dilakukan orang. Namun, ada cara menghilangkan ketombe secara alami yang dipercaya ampuh. Berikut cara menghilangkan ketombe secara alaminya.

1. Minyak zaitun

Minyak zaitun tak hanya digunakan untuk masak, tapi juga perawatan rambut. Minyak zaitun juga bisa menghilangkan ketombe dengan maksimal. Caranya adalah dengan mengoleskan minyak zaitun ke kulit kepala lalu pijat lembut kepala hingga minyak zaitun meresap. Lalu diamkan selama 30 menit dan bilas dengan air hingga bersih.

2. Lidah buaya

Lidah buaya memiliki khasiat yang sangat banyak untuk kecantikan. Aloe Vera atau lidah buaya mampu menyegarkan kulit kepala sekaligus sebagai cara menghilangkan ketombe. Caranya adalah dengan menghaluskan daging lidah buaya, lalu ratakan ke permukaan kulit kepala dan pijat kelapa. Biarkan lidah buaya meresap selama 30 menit lalu bilas hingga bersih.

3. Jeruk Nipis dan santan

Jika Anda sering mencari cara menghilangkan ketombe secara alami pasti sudah sering mendengar bahwa jeruk nipis ampuh untuk menghilangkannya. Anda bisa menghilangkan ketombe dengan mengoleskan kedua bahan ini di kulit kepala. Lalu diamkan selama 20 menit dan bilas hingga bersih.

4. Cuka

Cuka yang biasa digunakan sebagai bahan masakan, kini juga bisa menjadi cairan yang mampu menghilangkan ketombe. Cuka yang bersifat abrasif mampu menghilangkan kulit mati yang terkelupas di kulit kepala. Namun, jangan gunakan cuka terlalu banyak, batasi penggunaannya karena cukup keras.

5. Baking Soda

Baking soda tak hanya dipakai untuk membuat kue, tapi juga salah satu media cara menghilangkan ketombe. Untuk bahan yang satu ini, jangan gunakan terlalu sering ya. Cara penggunaannya cukup mudah, yaitu dengan mencampur baking soda dengan air hangat lalu aplikasikan ke kulit kepala.

 

Saksikan juga video menarik berikut ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hilangkan ketombe secara alami

6. Lemon

Buah lemon bisa menghilangkan ketombe. Caranya sangat mudah yaitu dengan gunakan air perasan jeruk lemon untuk membasuh kulit kepala. Lalu diamkan sejenak dan bilas hingga bersih.

7. Daun Pandan

Daun pandan bisa mengusir ketombe dari rambut. Cara penggunaannya cukup mudah hanya dengan menghaluskan daun pandan dan campur dengan air hangat sedikit, lalu oleskan ke kulit kepala. Lalu bilas ke rambut hingga bersih.

8. Kangkung

Kangkung, si sayuran yang sering di tumis ini ternyata bisa menghilangkan ketombe. Cukup rebus daun kangkung dengan dua gelas air, lalu cuci rambut hingga bersih. Lakukan perawatan ini untuk hasil maksimal.

9. Bawang Merah

Bawang merah sering digunakan untuk menurunkan panas atau demam, ternyata ada manfaat lain yang bisa digunakan yaitu menghilangkan ketombe. cara menghilangkan ketombe dengan bawang merah sudah di pakai sejak jaman nenek moyang terdahulu. Cara menggunakannya cukup haluskan bawang merah, lalu oleskan ke kulit kepala dan bilas hingga bersih.

 

3 dari 3 halaman

Hilangkan ketombe secara alami

10. Tea Tree Oil

Tea Tree oil kini sangat populer dikalangan wanita pecinta skin care. Ternyata tea tree oil juga bisa menghilangkan ketombe. Caranya dengan campur satu sendok makan tea tree oil dengan satu cangkir air hangat lalu semprotkan ke area kepala.

Artikel menarik lainnya.

11. Garam

Kalau bahan yang satu ini sepertinya tak asing lagi untuk menghilangkan ketombe ya. Cara pemakaiannya cukup mudah yaitu menggosokkan kulit kepala dengan sedikit garam, lalu bilas kepala hingga bersih. Garam bersifat scrub sehingga mampu menganggkat kulit mati.

Selain menggunakan bahan alami, Anda juga merawat rambut di salon untuk tampilan rambut yang makin cantik. Ada banyak jenis perawatan rambut yang bisa Anda pilih dengan menggunakan voucher promo Lakupon di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.