Sukses

Hati-Hati, Ini Fakta Menarik di Balik 5 Menu Sehat

Kenali fakta-fakta menarik dari 5 jenis menu sehat yang ternyata mengandung banyak gula.

Liputan6.com, Jakarta Menu sehat kini telah populer sebagai makanan yang dikonsumsi di berbagai kalangan. Baik untuk Anda yang sedang diet atau Anda yang menjalankan pola hidup sehat. Tapi, tahukah Anda? Bahwa beberapa menu memiliki kandungan gula dan bahkan gula buatan yang kurang baik untuk tubuh.

Dilansir dari laman Thisisinsider.com, Kamis (16/11/2017) inilah lima menu sehat dengan kandungan gula yang jarang diketahui banyak orang. Namun perlu diingat bahwa jumlah gram yang tercantum hanya berlaku untuk satu porsi rata-rata di setiap penyajiannya.

Granola (6-16 gram)

Jenis makanan yang sering digunakan sebagai toping ini ternyata memiliki kandungan gula yang cukup banyak. Pasalnya, banyak merek dari granola yang mengandung gula buatan di dalamnya, sehingga tubuh Anda akan mendapat asupan gula lebih banyak dari menu yang Anda konsumsi.

Oatmeal (9-14 gram)

Oatmeal memag menjadi makanan terfavorit untuk Anda yang sedang diet. Namun, Anda juga perlu memperhatikan kandungannya, terlebih jika Anda mengkonsumsi Oatmeal yang memiliki rasa. Hati-hati dengan rasa seperti blueberry dan kayu manis yang mengandung banyak gula di dalamnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Yoghurt (9-24 gram)

Kebanyakan orang lebih memilih yoghurt yang memiliki rasa dari pada plain yoghurt tanpa penambah rasa. Sayangnya, yoghurt yang memiliki rasa dikemas dengan gula buatan. Cobalah plain yoghurt dan tambahkan buah-buahan atau madu asli sebagai penambah rasa.

Ilustrasi yoghurt (iStockphoto)​

 

3 dari 4 halaman

Jus buah (26-29 gram)

Ketimbang dijus, alangkah baiknya Anda menikmati buah-buahan dengan memakannya secara langsung. Selain akan merusak serat pada buah teersebut, membuat jus buah akan memungkinkan Anda untuk menambahkannya dengan gula. Dengan begitu konsumsi gula Anda pun akan lebih banyak.

Jus Smoothie Stroberi (iStockphoto)​

 

4 dari 4 halaman

Salad (5-10 gram)

Meskipun merupakan jenis makanan yang sehat karena terdiri dari sayur dan buah, jangan sampai Anda melupakan kandungan saus atau toping yang ditambahkan.

Untuk beberapa rasa seperti saus Rasberi, bawang Prancis, atau vidalia mengandung gula yang cukup banyak.

Ilustrasi Foto Salad (iStockphoto)

Risqi Rosmalawati

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.