Sukses

6 Tanda di Wajah Orang Berbohong yang Dapat Dikenali

Liputan6.com, Jakarta Siapa yang suka mendapat kebohongan? Mungkin jawabannya hampir tidak ada. Meski demikian, untuk beberapa alasan, orang terkadang masih melakukannya. 

Jika tak mau termakan kebohongan orang lain, ada cara untuk mendeteksinya. Gestur kecil di wajah dapat menjadi tanda-tanda kebohongan yang bisa diketahui. Berikut selengkapnya seperti melansir dari laman Business Insider, Jumat (17/11/2017).

1. Mata bergerak ke kiri dan kanan

Reaksi psikologis saat berbohong adalah perasaan tidak nyaman. Ini akan berdampak pada pandangan mata yang bergerak ke kanan dan kiri secara berulang-ulang. Namun, biasanya hal ini terjadi dengan sangat cepat sehingga Anda perlu lebih memperhatikan dengan seksama.

2. Mata mengedip cepat

Saat berbohong, orang cenderung stres menutupi kebohongannya. Karena itu reaksi fisik yang ditimbulkannya adalah mengedipkan mata lebih cepat atau banyak dari biasanya. Jika normalnya adalah 5-6 kali per menit, jika berbohong bisa 5-6 kali lebih banyak.

3. Menutup mata lebih lama

Orang yang berbohong cenderung menutup matanya lebih lama saat mengatakan kebohongan. Mata berkedip biasanya 0,1 sampai 0,4 detik, tetapi saat berbohong bisa hingga satu sampai dua detik.

 

Saksikan juga video menarik berikut ini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tanda Kebohongan

4. Melihat ke arah kanan

Jika orang yang dominan tangan kanan, mereka cenderung melihat ke arah kanan saat berbohong. Sebaliknya dengan orang kidal yang melihat ke arah kiri.

5. Senyum palsu

Saat berbohong, orang cenderung untuk tersenyum. Meski demikian, senyum yang dihasilkan adalah senyum palsu karena tidak berdampak pada mata yang lebih menyipit.

6. Menyentuh wajah

Berbohong seringkali menimbulkan reaksi fisik, seperti gatal, terutama pada wajah. Orang yang berbohong pun lebih sering menyentuh wajah untuk mengurangi gatalnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.