Sukses

Sinergi dengan Kemenpar, Ini Dia Produk Oleh-Oleh Rintisan Seleb

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Pariwisata melakukan sinergi dengan beberapa selebritas yang punya usaha produksi kue oleh-oleh. Sebanyak 21 seleb pengusaha, yang sebagian besar fokus pada produk makanan, telah melakukan panandatangan Nota Kesepahaman co-branding dengan Wonderful Indonesia.

Dengan sinergi ini gambar beragam destinasi dan logo Wonderful Indonesia akan “mejeng” di kemasan produk para seleb pengusaha. Sementara produk oleh-oleh para  seleb pengusaha akan mendapat banyak promosi dari beragam event yang digelar Kementerian Pariwisata.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengharapkan Co-branding ini menjadi wadah untuk sama-sama mengembangkan kerjasama promosi melalui media jarangan yang dimiliki oleh para endorser, dalam hal ini para selebritas, maupun media jaringan Kementerian Pariwisata.

“Gambar di packaging lebih banyak destinasi daripada merek produk mereka. Di kemasan nanti juga ada tulisan ‘official partner Wonderful Indonesia’, itu bisa meng-endorse produk mereka nantinya,” ungkap Arief Yahya.

Berikut profil produk oleh-oleh rintisan seleb pengusaha yang melakukan kerjasama co-branding dengan Kementerian Pariwisata.

BANANA SAVVANA CAKE (BSC), Fitri Carlina

BSC mengeluarkan lima varian rasa kue yang mengadopsi keindahan pariwisata Banyuwangi, seperti Savana Red Island, Savana Green Bay, Savana Blue Fire, Savana Sunrise of Java, dan Savana Wedi Ireng. Warna kue tersebut juga menyesuaikan warna dari destinasi wisata.

Toko kue milik Fitri Carlina terletak di Jalan S Parman No 26. Fitri merupakan penyanyi asli Banyuwangi yang sudah malang melintang di industri hiburan Tanah Air.

CIREBON KELANA, Ussy Sulistiawaty

Tempat Oleh-oleh Cirebon milik Ussy ini mulai hadir di Cirebon 21 Mei 2017 di Jalan Siliwangi No 169 Kota Cirebon. Mempunyai 7 varian rasa antara lain cheesy lover, choco vanilla, double choco puff, durian puff, green tea red bean, red velvet, hazelnut oreo dan salty caramel

LENSO MANADO, Gracia Indri

Toko kue ini milik artis cantik berdarah Manado Gracia Indri dan Mikha Tambajong. Toko kue ini menyediakan 5 varian kue yang beragam. Seperti cokelat, original, green tea, tiramisu kopi, dan choconut. Semua varian rasa hanya dibanderol Rp 70 ribu per porsi. Lokasinya di Jalan TNI, Nomor 119 Tikala Ares, Kecamatan Tikala. Sejak dibuka 22 Agustus 2017 lalu, kini sudah membuka stan di Bandara Sam Ratulangi Manado.

 

1 dari 6 halaman

BALIKPAPAN PREMIO, Baim Wong

Balikpapan Premio yang terletak di Jalan MT. Haryono no 9A merupakan outlet oleh – oleh milik Baim Wong. Outlet resmi dibuka pada September 2017. Premio menawarkan empat varian rasa seperti Passion Fruit, Extracheese, Greentea Choco Cheese, dan Banana.

BANDUNG KUNAFE, Irfan Hakim dan Omesh

Grand Opening Bandung Kunafe digelar pada 22 Oktober 2017 lalu dan diresmikan oleh Walikota Bandung Ridwan kamil. Beragam rasa yang ditawarkan antara lain Kunafe cheese, Kunafe Greentea, Kunafe Choclate, Kunafe Nutella dan Kunafe Durian.

BOGOR RAIN CAKE, Shireen Sungkar

Toko kue milik Shireen Sungkar ini dibuka pada awal April 2017. Bogor rain cake memiliki empat varian rasa seperti vanilla cheese cake, greentea ovaltine cake, red taro cake, dan crispy chocoolate cake. Gerainya terletak di Jalan Padjajaran No 31, Bogor.

 

2 dari 6 halaman

CIREBON CINNAMON, Dhini Aminarti

Outlet Cirebon Cinnamon milik Dhini Aminarti dan Dimas Seto yang beralamat di Jalan DR. Cipto Mangunkusumo, No 79, Kota Cirebon dibuka pada 26 Agustus 2017. Cirebon Cinnamon menawarkan lima pilihan rasa yang memiliki ciri khas masing-masing, di antaranya extra cheese, apel cinnamon

LAPIS MINANG NANTIGO, Dude Harlino

Kue berbentuk segitiga ini dinamai Lapis Minang Nantigo karena disesuaikan dengan falsafah adat Minang, yaitu tungku tigo sajarangan. Rintisan usaha ini baru diresmikan pada 30 Juli 2017 lalu. Lapis Minang Nantigo sendiri memiliki lima varian rasa, yakni Nantigo chocolate, Nantigo Red Velve, NantiogoOreo, Nantigo Greentea, dan Nantigo Cheese.

JOGJA SCRUMMY, Dude Harlino

Jogja Scrummy, oleh - oleh kekinian khas Jogja milik Dude Herlino, merupakan kue berlapis dengan komposisi brownis kukus di bagian bawah dan puff pastry dengan filiing berbagai rasa untuk lapisan atasnya. Jogja Scrummy menghadirkan enam varian rasa diantaranya adalah Jogja Scrummy Mangga, Talas, Srikaya, Coklat, Keju, dan Karamel.

PEKANBARU CASSATA, Denny Cagur

Pekanbaru Cassata resmi dibuka pada tanggal 24 September 2017. Cake ini berbahan dasar nanas dan dikolabrasikan dengan buah wortel, dengan menawarkan lima varian rasa, yaitu Chocolate, double cheese, nutella, durian dan greentea.

 

3 dari 6 halaman

REALLY CAKE, Prilly Latuconsina

Really Cake hadir di Kota Balikpapan. Really cake adalah kue hasil kreasi Artis Prilly Latuconsina yang belajar dari oma nya. Really cake hadir di kota Balikpapan untuk memberikan pilihan baru dan fresh serta pilihan kue yang kekinian untuk oleh-oleh dari Kota Balikpapan. Really Cake adalah kue yang berupa cotton cake yang dipadukan dengan puff pastry, crumble yang manis dan gurih dan filling rasa.

BEBELLY BAKERY, Prilly Latuconsina

Gerai kue kekinian yang menggunakan bahan olahan khas Lampung yaitu pisang dibuka pada Jumat 9 Juni 2017 lalu. Saat ini varian rasa yang ditawarkan adalah Banana Foster Caramelized, Banana Foster Cheese, Banana Foster Nutella, Banana Foster Peanut, dan Banana Foster Chocolate.

PALEMBANG LAMONDE, Irwansyah

Palembang Lamonde mempunyai 6 varian rasa yang mempunyai kelebihan masing-masing yaitu Lamonde Choco Maltine, lamonde Coffee, Lamonde Doriyan, Lamonde G-Tea, Lamonde Red-Light, dan Lamonde Saycheese.

JAMBI RORU CAKE, Irwansyah

Jambi Roru Cake ini memiliki lima varian rasa yaitu Choco banana, Black Forest, Double Cheese, Choco Matcha, dan Chocoberry.

SEMARANG RORU CAKE, Irwansyah

Semarang Roru cake adalah sebuah kue bolu dua lapis yang di tengah kue bolu ini terdapat filing cokelat atau krim keju. Di Luar Kue bolu diberi topping roll sesuai varian rasa baru kemudian diberi topping crumble. Jadi di Luar kue bolu ini terdapat crumble yang menempel karena ada roll nya

Semarang Roru Cake mempunyai lima Varian rasa yaitu Cheese, Choco Banana, Choco Greentea, Chocomaltine, dan strawberry.

 

4 dari 6 halaman

MEDAN NAPOLEON, Irwansyah

Produk medan napoleon berupa cake dengan karakteristik unik sesuai dengan ciri masyarakat Medan. Cake dengan lapisan puff pastry ditengahnya dibalut dengan sofcake lembut. Dengan berbagai varian rasa, seperti durian, keju, greentea, pisang dan caramel. Bahan-bahan baku medan napoleon banyak menggunakan bahan lokal terutama durian yang menjadi andalan.

SEMARANG WINGKOROLLS, Dewi Sandra

Semarang Wingkorolls adalah Pertama kali dan satu-satunya ada wingko didalam gulungan lapis legit. Semarang Wingkorolls mempunyai lima pilihan rasa. Peanut Nougat, Cheese, Hazelnut Crispy, Greentea Cornflakes dan Choco. Gerainya terletak di Jalan Kawi No 3 Candisari Semarang Jawa Tengah, dibuka sejak 22 Juli 2017.

SURABAYA PATATA, Ria Ricis dan Oki Setiana Dewi

Surabaya Patata ini mempunyai 5 macam varian rasa Black Patata, Cheese Patata, Green Tea Patata, Nutella Patata, dan Banana Peanut Patata. Surabaya Patata milik Ria Ricis yang mulai membuka gerainya pada bulan Mei 2017 di Jalan Dharmahusada Nomor 187 Kelurahan Mojo, Kecamatan Gubeng.

 

5 dari 6 halaman

CIREBON SULTANA, Indra Bekti

Hidangan milik Indra Bekti terletak di Cirebon dan gerainya mulai dibuka pada 28 Maret 2017. Pastry atau kue yang disajikan di Cirebon Sultana berupa lapisan bolu padat yang berlapis topping dan dibalut croissant. Sultana menawarkan lima varian rasa yakni double choco, choco banana, mango, cheese, dan blueberry.

MANJHA HIJAB, Ivan Gunawan

Toko Manjha Hijab milik Ivan Gunawan kembali di buka di Bandung. Toko tersebut beralamat di Jalan Pelajar Pejuang no 60, Bandung, Jawa Barat dan resmi dibuka pada, Sabtu, 6 Mei 2017. Manjha Hijab diperuntukan bagi wanita muslimah yang dikelompokkan kedalam 3 karakter, yakni kelompok usia 21 ke atas sebagai Missy, 31 keatas sebagai Woman dan Lady untuk 41 keatas.

CATHY SHARON URBANLIPS, Cathy Sharon

Urbanlips merupakan produk dalam negeri yang hadir dalam 11 warna untuk menyesuaikan make up look kaum wanita. Masing-masing warna terinspirasi dari berbagai kota dan scheme indah berbagai tempat seperti Buckingham, Bronx, Victoria, Nothinghill, Manhattan, Empire state, Soho, Brooklyn,dan lain-lain

Artikel Selanjutnya
Inilah Manfaat Keberadaan Industrial Research Center di Meikarta
Artikel Selanjutnya
Inovasi Anak Muda Bawa Warisan Indonesia ke Ranah Global