Sukses

Sukses Meniti Karier? Hindari 7 Kebiasaan Tidak Profesional Ini

Liputan6.com, Jakarta Kesuksesan dalam karier menjadi impian bagi setiap orang. Hal ini tidak terlepas dari kemampuan bekerja Anda serta kemampuan untuk memberi kesan positif di kantor.

Karier yang sukses akan menantang Anda menjadi individu yang profesional, sehingga untuk mendapatkanya ada hal-hal yang perlu dipertahankan dan dijaga. Salah satunya adalah kebiasaan yang dilakukan di lingkungan kerja. Meski terlihat sederhana, ternyata tujuh kebiasaan ini sangat menentukan kesuksesan Anda.

Dilansir dari TheEverygirl, Selasa (14/11/17), berikut kebiasaan tidak profesional yang perlu dihindari.

Terlalu Sering Melihat Ponsel

Atur ponsel dalam keadaan silent agar Anda tidak tergoda untuk memeriksanya setiap saat. Jangan pernah habiskan hampir seluruh waktu bekerja Anda untuk menatap layar ponsel jika tidak untuk urusan pekerjaan dan keadaan darurat. Tips yang perlu Anda lakukan adalah letakkan ponsel pada tempat yang mudah dijangkau lalu jadwalkan kapan waktu yang tepat untuk memeriksa pesan pada ponsel.

 

1 dari 4 halaman

Gosip

Meskipun ini hal yang mengasyikkan, yang perlu Anda ingat adalah jangan coba-coba untuk bergosip di lingkungan kerja terlebih hal tersebut berhubungan dengan atasan atau pekerjaan. Ingat, tidak semua orang di sekitar Anda bisa dipercaya.

Rapikan Meja

Meski terlihat sederhana, meja kerja Anda akan menunjukkan siapa sosok Anda. Gunakan sekitar 5-10 menit waktu Anda setiap hari untuk membersihkan meja kerja, miliki pemahaman yang jelas mengenai budaya di kantor, apa saja yang pantas untuk digantung atau ditempatkan di wilayah Anda bekerja.

 

2 dari 4 halaman

Aturan Berpakaian

Setiap tempat kerja pastinya memiliki aturan tersendiri dalam aturan berpakaian dan penampilan. Hal yang penting Anda lakukan adalah tetap menjaga aturan dan sebisa mungkin untuk tidak melanggarnya. Selalu sediakan pakaian seperti sweter, syal, kardigan, dan lain-lain di mobil atau laci meja sebagai cadangan jika sewaktu-waktu Anda membutuhkannya.

Jangan Terlambat

Disiplin merupakan kunci Anda untuk meraih sebuah kesuksesan. Kenali kebiasaan Anda dan cari tahu cara mengatasinya, seperti mengatur alarm di ruangan terpisah jika Anda memiliki kebiasaan susah untuk bangun lebih awal. Persiapkan sesuatu lebih awal atau pada malam harinya untuk mempercepat Anda pada pagi hari sehingga akan menghindarkan Anda dari keterlambatan.

 

3 dari 4 halaman

Email

Tidak jarang kalimat dalam email menimbulkan kesalahpahaman. Oleh sebab itu, berhati-hati saat merangkai kata agar tidak ada salah pengertian saat membaca email yang Anda kirimkan.

Alasan yang Logis

Sering kali masalah-masalah kecil akan membuat Anda terlambat untuk datang ke kantor dan bahkan tidak bisa hadir untuk mengikuti rapat penting dengan atasan. Meskipun demikian, tetaplah berusaha berkomunikasi dengan atasan dan rekan kerja. Buatlah alasan yang logis sehingga kesalahan yang muncul bisa diterima dan dicarikan solusi untuk mengatasinya.

(Latifah Gusri)

Artikel Selanjutnya
Sudah Bosan dengan Pekerjaan Anda? Coba Periksa 2 Hal Berikut
Artikel Selanjutnya
Ingin Sukses? Hindari 4 Kebiasaan Buruk Ini