Sukses

6 Jurus Ampuh agar Makin Produktif Bekerja di Rumah

Ini jurus ampuh agar kian produktif saat Anda bekerja di rumah.

Liputan6.com, Jakarta Sejatinya bekerja di rumah maupun di kantor tantangannya sama. Harus tetap fokus, bisa menyelesaikan tugas sesuai tenggat waktu, serta lancar berkomunikasi dengan kolega. Akan tetapi, tantangan itu lebih akan lebih terasa berat bagi mereka yang kerja di rumah.

Mengapa demikian? Karena distraksi yang muncul saat Anda kerja di rumah tentu lebih banyak daripada di kantor. Selain itu, tidak ada atasan yang mengawasi kerja Anda, jadi Anda pasti lebih leluasa santai-santai kerjanya.

Membangun ruang kerja guna meminimalisir distraksi mungkin bisa jadi solusi. Tapi, apakah hal itu bisa membantu Anda menghadapi distraksi dari Internet? Misalnya, notifikasi di medsos atau situs-situs favorit Anda.

Khusus untuk yang sering kerja di rumah, ada enam tips yang wajib Anda ketahui untuk meningkatkan produktivitas. Berikut ulasannya dari DuitPintar.com:

1. Tetap fokus dengan bantuan tiga aplikasi ini

Seperti yang disebutkan di atas, distraksi yang muncul lewat internet bisa mengganggu Anda untuk tetap fokus. Sebaliknya, terlalu fokus bekerja dan lupa istirahat juga tidak baik untuk kesehatan. Agar urusan kerja dan istirahat jadi seimbang, manfaatkan saja tiga aplikasi ini:

a. RescueTime

RescueTime bisa memberikan laporan soal berapa lama waktu yang Anda habiskan untuk suatu kegiatan di komputer saat offline maupun online. Anda bisa tahu berapa lama Anda main game, surfing Internet, dan bekerja.

Laporan penggunaan komputer Anda pun bakal tercatat dan Anda bisa menilai sendiri seberapa produktif Anda dalam bekerja di rumah. Kalau ternyata Anda terlalu banyak main game, maka maka besok bisa uninstall saja game tersebut agar fokus kerja.

Oh ya, aplikasi ini bisa diunduh secara gratis, asalkan Anda pakai versi Lite. Kalau versi premiumnya akan terkena biaya langganan US$9 per bulan.

b. Self Control

Aplikasi ini bisa digunakan oleh pengguna MAC atau PC (lewat Chrome Extension). Fungsinya adalah untuk memblokir seluruh situs yang Anda anggap sebagai distraksi. Situs yang dimaksud bisa saja media sosial atau blog-blog yang Anda subscribe, jadi tak akan ada notifikasi yang muncul saat Anda kerja.

c. Time Out

Kalau yang ini berfungsi untuk mengingatkan Anda beristirahat dari aktivitas sehari-hari. Biasanya kalau keasyikan kerja, kita sering lupa makan. Nah, install saja aplikasi ini agar hidup lebih seimbang.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Menyisir email secara rutin

Email berfungsi seperti kotak surat, tapi jangan lantas menggunakan email untuk percakapan dengan tim. Kalau ini yang Anda lakukan, maka isi email akan menumpuk dan Anda pun malas untuk membukanya.

Prioritaskan penggunaan email untuk berkomunikasi dengan klien atau pihak di luar perusahaan. Jangan lupa juga untuk membersihkan inbox dari email-email yang bersifat promosi.

3. Manfaatkan jaringan komunikasi digital

Agar urusan komunikasi dengan tim jadi makin lancar, gunakan saja aplikasi messaging. Bahkan Anda bisa mengklasifikasikan grup percakapan sesuai proyek kerja yang berjalan.

Biasanya aplikasi semacam ini juga punya fitur video atau phone call. Jadi tak perlu khawatir kalau ada rapat. Anda bisa melakukan conference call bersama tim kerja meski berada di rumah.

 

3 dari 4 halaman

4. Manfaatkan Google Docs, Slides, dan Sheet agar pengiriman dokumen makin praktis

Masih mengandalkan Microsoft Word, Power Point atau Excel offline? Itu kuno. Metode itu bisa menyulitkan Anda saat harus mengirim dokumen ke tim. Anda harus buka email dan melampirkan dokumennya di sana. Kalau tiba-tiba email Anda masuk ke Spam, lalu bagaimana?

Tapi jika Anda pakai aplikasi yang satu ini, dokumen dengan format word, excel, atau powerpoint pasti terkirim dengan cepat. Tinggal klik tombol share di bagian kanan atas dan masukkan alamat email penerima atau tinggal kirim link saja via aplikasi chat.

Selain itu, Anda juga bisa memeriksa sekaligus mengedit isi dokumen secara berbarengan dengan rekan. Siapa yang terakhir mengedit, namanya akan muncul di bagian atas.

Belum lagi, aplikasi ini juga punya fitur autosave. Jadi, kalau tiba-tiba laptop atau komputer mati, tak perlu khawatir datanya hilang.

 

4 dari 4 halaman

5. Gunakan aplikasi to-do list agar tak lupa dengan tugas-tugas Anda

Aplikasi to-do list memang cukup banyak dan punya fitur beragam. Namun intinya adalah, aplikasi ini bertujuan untuk mengingatkan Anda akan tugas-tugas dan progresnya.

Cara penggunaannya tergolong sederhana, dan dijamin ampuh untuk membuat tugas Anda makin terorganisir.

6. Jadwalkan meeting dengan Google Calendar

Ketika Anda bekerja di rumah, maka potensi lupa akan jadwal rapat juga besar. Tidak ada yang bisa mengingatkan, kecuali Anda sendiri.

Agar tak kelupaan, manfaatkan Google Calendar tiap hari. Ketahui waktu rapat Anda dengan baik, jadi Anda punya persiapan yang matang untuk rapat tersebut. Kalau Anda cuek, Anda pasti bingung mengingat jadwal Anda hari itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini