Sukses

Jokowi Mantu, Dawet Legendaris Bu Dermi Laris Manis

Liputan6.com, Jakarta Pernikahan putri Presiden Jokowi, Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution memang sudah usai. Namun, berkah dari Jokowi mantu itu masih berlanjut. Dawet telasih legendaris Bu Dermi di Pasar Gede Solo banjir pengunjung.

Dawet telasih Bu Dermi memang menjadi salah satu andalan kuliner Kota Solo. Dawet yang terletak di salah satu los Pasar Gede Harjonagoro ini sudah berdiri sejak tahun 1950-an.

Resep dawet sudah diturunkan hingga cucu sang pendiri dawet Dermi. Cucu tersebut bernama Ruth Tulus Subekti yang saban hari meneruskan usaha dawet itu. Dawet ini dulunya menjadi langganan Jokowi saat masih menjabat Wali kota Solo.

Ruth Tulus Subekti mengakui bahwa acara Jokowi mantu memberikan berkah tersendiri. Dawetnya laris manis dibeli oleh tamu pernikahan Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution.

"Ya memang naik, tapi enggak sebanyak saat hari liburan panjang pas Lebaran atau Natal. Kalau yang kemarin (Jokowi mantu) paling kenaikannya sekitar 20 persen," kata Ruth kepada Liputan6.com, Sabtu (11/11/2017).

Kenaikan terlihat sejak Sabtu, 4 November 2017 lalu. Puncaknya kenaikan pada hari Senin hingga Selasa, 6-7 November 2017. Banyak pejabat yang menikmati dawet olahannya. Hanya saja ia tidak hafal dengan nama-nama pejabat itu. Ia hanya mencermati ada ajudan yang mendampingi para pejabat itu.

 

 

Saksikan juga video menarik berikut ini.

1 dari 2 halaman

Dawet legendaris

"Banyak pejabat, bisa dilihat dari tampilannya dan ajudan yang mendampingi. Selain itu juga banyak relawan Projo yang ke sini. Yang saya tahu hanya Pak Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukito," jelas dia.

Pembeli dawet sempat menurun pada saat hari H pernikahan. Maklum, para tamu tengah sibuk menghadiri acara pernikahan. Meski demikian, tetap ada tamu yang membeli dawet telasih. "Pas resepsi mantu memang sepi, tapi banyak yang beli dibawa pulang," kata dia.

Berkah Jokowi mantu ternyata masih terasa setelah hari pernikahan putrinya. Pada hari Kamis hingga Sabtu, 9-11 November 2017, dawetnya laris manis. "Pembelinya banyak juga yang orang-orang luar Solo," ucap dia.