Sukses

Kunci Penting Mencuci Jeans agar Tahan Lama

Jika tidak dicuci dengan baik, jeans cenderung cepat pudar warnanya, menyusut, bahkan sobek.

Liputan6.com, Jakarta Jeans merupakan salah satu pakaian paling serbaguna yang pernah ada. Fashion item satu ini dapat dipakai pada saat santai, jalan-jalan, pergi kencan, bahkan untuk bekerja sekalipun. Meski demikian, supaya awet jeans perlu dirawat.

Merawat jeans sebenarnya tidak sulit karena bahannya cenderung kuat. Namun, cara mencuci jeans perlu mendapat perhatian khusus. Jika tidak dicuci dengan baik, jeans cenderung cepat pudar warnanya, menyusut, bahkan sobek. Berikut sejumlah tips mencuci jeans yang perlu Anda ketahui demi dapat dipakai dalam waktu lama, seperti melansir dari laman Whowhatwear, Minggu (12/11/2017).

1. Mencuci jeans sebaiknya menggunakan air dingin

Jeans tidak tahan dengan suhu tinggi karena akan merusak seratnya. Serat jeans menjadi kaku, menyusut, dan tidak nyaman dipakai lagi.

2. Jangan terlalu sering dicuci

Jeans sebaiknya dicuci setelah lima sampai 10 kali pemakaian.

3. Rendam dengan air cuka

Jika tetap takut warna jeans pudar meski tidak terlalu sering mencucinya, Anda dapat merendamnya dengan air dingin yang sudah dicampur cuka sebelumnya. Lakukan selama satu jam dan keringkan dengan mengangin-anginkannya.

 

Saksikan juga video menarik berikut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mencuci dengan mesin?

4. Aturan cuci dengan mesin

Jeans tetap bisa dicuci dengan mesin, asalkan Anda membaliknya terlebih dulu untuk menjaga warnanya tetap awet. Hal ini juga dapat membantu mempertahankan warnanya.

5. Memeras jeans

Untuk menghindarinya menyusut, cara memeras jeans juga perlu diperhatikan. Sebaiknya gulung jeans ke atas dan tekan hingga air menetes. Kemudian keringkan dengan diangin-anginkan, hindari cahaya matahari langsung.

6. Mengeringkan dengan mesin

Meskipun tidak terlalu disarankan, tetapi jeans juga bisa dikeringkan dengan mesin. Namun, jangan menggunakan suhu paling tinggi. Medium hingga rendah adalah suhu pengeringan yang terbaik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.