Sukses

Sebenarnya, Berapa Banyak Air yang Harus Diminum Setiap Hari?

Liputan6.com, Jakarta Anda mungkin sering mendengar keharusan minum air delapan gelas dalam sehari. Delapan gelas air hampir sama dengan botol berukuran dua liter, terdengar menakutkan, bukan?

Faktanya, dilansir dari self.com, Senin (13/11/2017), kebutuhan cairan setiap individu tergantung pada usia, jenis kelamin, dan di mana Anda tinggal. Kebutuhan cairan Anda sendiri dalam sehari bisa bervariasi, tergantung kegiatan yang dilakukan pada hari tersebut.

Institute of Medicine menyarankan para wanita untuk memenuhi kebutuhan cairan sebanyak 2,7 liter, yang berarti 11 gelas air dalam sehari. Hal penting yang harus Anda ketahui adalah, kebutuhan ini berasal dari segala sumber cairan yang Anda konsumsi, entah itu teh, kopi, atau pun makanan yang mengandung air.

Mendengarkan tubuh Anda adalah hal terbaik yang bisa dilakukan, selain minum air, makan saat lapar dan minum saat haus. Berhenti berpikir bahwa delapan gelas air dalam sehari harus benar-benar dari air putih, cobalah air yang diinfus dengan buah-buahan, teh tanpa pemanis, dan buah-buahan atau sayuran yang memiliki kandungan air tinggi.

Cara terbaik mengetahui apakah asupan cairan Anda cukup atau tidak adalah dengan mendengarkan tubuh. Jika tubuh mengatakan haus, ini kemungkinan tubuh telah mengalami dehidrasi.

 

1 dari 2 halaman

Sebenarnya, Berapa Banyak Air yang Harus Diminum Setiap Hari?

Cara lainnya adalah menengok cairan setelah Anda buang air kecil. Jika air kencing berwarna kuning muda, ini berarti Anda mendapatkan cukup cairan, sedangkan jika warnanya gelap, dan berbau, kemungkinan besar Anda membutuhkan lebih banyak cairan.

Lapar juga bisa menjadi tanda bahwa Anda sedang haus. Tanda haus dan lapar berasal dari bagian otak yang sama, sehingga terkadang Anda bingung untuk membedakannya.

Jika tiba-tiba merasa lapar, sedangkan Anda merasa asupan makanan telah cukup saat itu, ini kemungkinan besar, tubuh merasa haus. Tanda tubuh mengalami dehidrasi bisa dari banyak hal, mulut kering, bibir pecah-pecah, kram, kejang otot, bau mulut, mata cekung, bahkan demam.

Intinya, Anda hanya perlu membiasakan diri untuk minum secara teratur setiap hari. Berapa banyak Anda telah minum air hari ini?

Artikel Selanjutnya
Cara Akali Pengeluaran Saat Kerabat Tinggal di Rumah
Artikel Selanjutnya
Tips Mengurangi Kebiasaan Ngemil yang Tidak Sehat