Sukses

Lakukan 6 Hal Ini Supaya Anda Terbiasa Menghemat Biaya Listrik

Liputan6.com, Jakarta Salah satu pengeluaran rumah tangga yang perlu mendapat perhatian adalah biaya listrik. Sebabnya jika penggunaan listrik berlebihan maka biaya yang dikeluarkan setiap bulan pun membengkak.

Belum lagi dalam setahun tarif dasar listik (TDL) bisa naik beberapa kali tergantung peraturan pemerintah. Kalau sudah begini tentu semakin menambah pengeluaran biaya listrik.

Dimana pun Anda tinggal, entah di rumah sederhana, rumah skala besar atau apartemen. Berapapun daya yang Anda pakai, tentu memiliki keinginan untuk memangkas biaya listrik. Oleh karena itu, lakukan 6 hal ini supaya Anda terbiasa menghemat biaya listrik.

Ganti Lampu Rumah dengan Jenis LED

Lampu jenis LED memiliki keunggulan lebih hemat energi, lebih terang, tidak panas, menghasilkan warna benda yang natural, dan lebih tahan lama.

Untuk lampu kamar mandi dan tidur gunakan lampu dengan LED daya rendah. Sementara untuk ruang tamu dan keluarga, Anda bisa menggunakan daya yang lebih tinggi. Intinya daya lampunya tergantung kebutuhan dan luas area.

Matikan Lampu yang Tak Terpakai

Jika sebelumnya seluruh lampu di rumahmu dihidupkan saat kamu terlelap tidur, cobalah matikan sebagian lampu di bagian rumah yang tidak diperlukan. Seperti di ruang tamu, di kamar mandi, dan bagian lainnya. Cara seperti ini cukup ampuh menghemat tagihan listrik bulanan.

Pakai Televisi LED dengan Fitur Hemat energi

Perbandingan daya listrik TV tabung atau TV LCD dengan TV LED sangat jauh. Misalnya TV tabung atau LCD ukuran 32 inchi menggunakan daya hingga 100 watt atau bahkan lebih maka TV LED 32 inchi hanya membutuhkan daya listrik bisa setengahnya saja. Jika fitur hemat listrik atau Eco diaktifkan, daya listriknya pun akan lebih hemat.

Pakai AC Hemat Listrik dan Sesuai Kebutuhan

Pilih sumber daya AC sesuai volume ruangan. Untuk kamar tidur sebenarnya Anda cukup 1/2 sampai 3/4 PK. Sementara ruang tamu dan keluarga Anda bisa pilih AC berdaya 1 - 1,5 PK. Pastikan pula memilih AC yang memiliki fitur hemat listrik.

Jangan menyalakan dan mematikan AC dalam waktu berdekatan. Misal Anda akan keluar rumah sebentar selama 30 menit, di sini Anda tak perlu matikan AC. Karena ketika AC baru menyala, disitunya daya listrik yang dibutuhkan lebih tinggi.

Hemat Penggunaan Air

Contoh lain menghemat listrik adalah dengan menghemat air. Dengan hemat penggunaan air maka mesin pompa air juga tak sering menyala. Pastikan Anda memiliki tempat penampungan air supaya mesin otomatis pompa juga tidak terlalu sering menyala. Seperti AC, ketika pertama kali mesin pompa menyala, disitulah daya listrik yang dibutuhkan besar.

Cabut Steker dari Colokan Jika Tak Digunakan

Pastikan Anda mencabut steker peralatan listrik apapun termasuk charger ponsel yang sudah tidak digunakan.

Mencabut satu steker mungkin hematnya tak seberapa. Tapi jika jumlah steker di rumah banyak, tentu itu sangat membantu sekali. Selain menghemat listrik juga untuk mencegah terjadinya korsleting listrik yang bisa berakibat kebakaran.

Itulah sejumlah cara agar Anda terbiasa menghemat tagihan listrik. Di zaman digital ini, metode transaksi yang digunakan untuk membayar tagihan listrik pun semakin mudah. Bayar listrik tak lagi harus antri di loket PLN, Anda bisa melakukan secara online, cek tagihan listrik melalui Tokopedia.

Membayar tagihan bulanan listrik di Tokopedia jauh lebih praktis dan aman. Hanya dengan mempersiapkan nomor Pilih opsi Tagihan Listrik pada kolom yang tersedia di layar kamu dan masukkan 12 digit nomor ID Pelanggan dan klik Beli dan log-in/masuk akun Tokopedia.

Tak hanya tagihan listrik, Tokopedia juga memberikan kemudahan untuk membayar tagihan tv kabel. Bayar tagihan Indovision dan tv kabel lain juga bisa di Tokopedia.

Bayar tagihan listik, tagihan tv kabel, pulsa dan rumah tangga lain bisa dimulai dari Tokopedia.

 

(Adv)

Artikel Selanjutnya
Mau Liburan Tapi Tak Punya Uang? Ini 5 Trik Atasinya
Artikel Selanjutnya
8 Cara Bersikap Dewasa Saat Kelola Keuangan