Sukses

7 Olahraga Malam yang Tak Beresiko, Apa Saja?

7 Olahraga Malam yang Tak Beresiko, Apa Saja?

Liputan6.com, Jakarta Bagi mereka yang sibuk, hanya di malam harilah waktu mereka untuk berolahraga. Olahraga malam hari masih menjadi kontroversi karena efek yang ditimbulkan. Banyak orang beranggapan kalau olahraga di malam hari tidak menyehatkan justru akan menjadi boomerang bagi diri Anda sendiri.

Namun, jika Anda hanya memiliki waktu di malam hari untuk berolahraga, cobalah olahraga ini yang aman dimalam hari.

• Yoga

Yoga termasuk kedalam jenis olahraga malam senam. Melakukan yoga juga bisa saat malam hari. Yoga adalah olahraga yang cukup aman jika dilakukan pada saat malam hari. Olahraga ini mampu memberikan pikiran yang rileks sehingga Anda terbebas dari stress setelah bekerja seharian. Selain itu, yoga juga bagus untuk melancarkan peredaan darah dan mengatur sistem pernafasan sehingga tidur malam pun akan lebih nyenyak dan berkualitas.

• Jalan-Jalan

Jika Anda adalah tipe orang yang tak suka berolahraga, maka coba dengan jalan-jalan. Berjalan kaki saat pulang kantor bisa menjadi keuntungan Anda tersendiri lho! Anda bisa manfaatkan kebiasaan ini sebagai bagian dari olahraga malam Anda. Berjalan kaki mampu menurunkan berat badan, melawan depresi hingga mengusir pikiran negatif sebelum tidur.

• Fitness

Fitness sebagai olahraga malam hari sering dipilih banyak orang yang sibuk bekerja di kantoran. Maka, kini banyak tempat fitness di Jakarta yang berlokasi dekat dengan tempat perkantoran. Hal ini tentu untuk mendekatkan dan memudahkan masyarakat agar bisa berolahraga langsung sepulang kantor. Untuk itu, Anda bisa daftarkan diri untuk ikut member fitness agar gaya hidup juga lebih sehat.

• Tai Chi

Tai Chi adalah kombinasi dari seni bela diri dan olahraga. Tai Chi bertujuan untuk melatih keseimbangan tubuh dan juga pikiran. Gerakan-gerakannya menyerupai aliran air yang tenang. Gerakan inilah yang membuat orang berada dalam kondisi rileks layaknya sedang meditasi. Jika Anda melakukan olahraga ini dimalam hari, maka aliran darah ke otak akan lebih lancar, rileks dan tidur menjadi lebih nyenyak.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

• Fitness

• Fitness

Fitness sebagai olahraga malam hari sering dipilih banyak orang yang sibuk bekerja di kantoran. Maka, kini banyak tempat fitness di Jakarta yang berlokasi dekat dengan tempat perkantoran. Hal ini tentu untuk mendekatkan dan memudahkan masyarakat agar bisa berolahraga langsung sepulang kantor. Untuk itu, Anda bisa daftarkan diri untuk ikut member fitness agar gaya hidup juga lebih sehat.

• Tai Chi

Tai Chi adalah kombinasi dari seni bela diri dan olahraga. Tai Chi bertujuan untuk melatih keseimbangan tubuh dan juga pikiran. Gerakan-gerakannya menyerupai aliran air yang tenang. Gerakan inilah yang membuat orang berada dalam kondisi rileks layaknya sedang meditasi. Jika Anda melakukan olahraga ini dimalam hari, maka aliran darah ke otak akan lebih lancar, rileks dan tidur lebih nyenyak.

3 dari 3 halaman

Hal yang harus dihindari

Setelah Anda mengetahui olahraga malam apa saja yang baik, maka ada beberapa hal penting yang perlu Anda perhatikan sebelum berolahraga malam.

• Intensitas Tak Berlebihan

Agar olahraga Anda mendapatkan manfaat baik, maka sesuaikan dengan kapasitas tubuh. Sebaiknya jangan terlalu memaksakan tubuh untuk berolahraga keras. Intensitas latihan harus tetap dijaga agar tubuh merasa sehat. Jika berlebihan maka berakibat pada pegal-pegal hingga insomnia.

• Atur Waktu

Sebaiknya jangan berolahraga dekat dengan jam tidur. Olahraga malam ideal dilakukan minimal 2 jam sebelum tidur. Jika terlalu dekat dengan jam tidur maka siklus tidur akan terganggu yang berakibat pada tubuh menjadi panas, susah tidur, gelisah, resah hingga stress. Hal inilah yang membuat siklus normal pada tubuh menjadi terganggu.

• Minum yang Cukup

Minumlah banyak air putih yang cukup agar proses pendinginan tubuh lebih cepat, sehingga suhu tubuh akan cepat kembali ke suhu normal. Banyak minum air putih juga mampu mengeleminasi asam laktat yang terbentuk sangat cepat saat berolahraga sehingga badan menjadi lebih rileks.

Nah, untuk bisa hidup sehat, Anda harus bisa meluangkan sedikit waktu untuk berolahraga. Kini banyak tempat fitness seperti 18 Fit yang menawarkan membership hanya Rp 300 ribuan dengan fasilitas terlengkap dan program olahraga yang variatif. Lihat dan dapatkan harga spesial membership 18 Fit di Lakupon, klik DISINI.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini