Sukses

Hari Pahlawan, Kunjungi Pameran agar Lebih Paham Sejarah

Liputan6.com, Jakarta Hari ini, Jumat (10/11/2017), diperingati sebagai Hari Pahlawan, memberikan penghargaan bagi jasa para pahlawan yang telah berkorban jiwa raga untuk memperjuangkan kemerdekaan bangsa. Berbicara tentang Hari Pahlawan, ada beberapa hal yang akan langsung tebersit di benak Anda, bukan?

Garuda Pancasila, Indonesia Raya, dan Merah Putih merupakan tiga fondasi dari negara Indonesia. Menurut Triana Wulandari, Direktur Sejarah, seusai pembukaan pameran "Merayakan Sang Merah Putih", di Hari Pahlawan ini, kebesaran suatu bangsa dapat diukur dari sejauh mana bangsa tersebut sadar akan sejarahnya sendiri.

Dalam sebuah buku berjudul Penyambung Lidah Rakyat Indonesia, terdapat hasil wawancara Cindy Adams dan Presiden Sukarno. "Istriku, Fatmawati telah membuat sebuah bendera dari dua potong kain putih dan sepotong kain merah. Ia menjahitnya dengan tangan. Ini merupakan bendera pertama dari republik ini," kisah sang proklamator menceritakan kesederhanaan jalannya peristiwa terpenting dalam sejarah bangsa Indonesia, cuplikan pembicaraan yang harus Anda ketahui di Hari Pahlawan ini.

 

1 dari 2 halaman

Pameran di Hari Pahlawan

Warna merah putih dalam bendera Indonesia sendiri tidak datang begitu saja, merah putih memiliki makna yang lebih substansial, melambangkan berbagai peristiwa politik di Indonesia. Perhimpunan Indonesia memakai bendera merah putih pada kepala kerbau, Partai Nasional Indonesia memakai bendera merah putih pada kepala banteng, Kongres Pemuda II memakai bendera merah putih pada garuda terbang, dan Partindo memakai bendera merah putih pada banteng.

Puncaknya adalah pada legitimasi politik dalam konstitusi UUD 1945 dan Peraturan Pemerintah No 40 Tahun 1958 yang menetapkan bendera merah putih sebagai bendera resmi Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Melihat sejarah yang begitu panjang ini, Direktorat Sejarah, Kemdikbud menggelar pameran sejarah yang dimulai pada hari ini hingga 14 November 2017 mendatang. Selamat Hari Pahlawan!

Artikel Selanjutnya
PM Trudeau: Idul Adha Refleksikan Kontribusi Islam bagi Kanada
Artikel Selanjutnya
Indonesia Heritage Walk, Wisata Gratis di Kota Tua Jakarta