Sukses

Pernikahan Kahiyang Membuat Pedagang Batik di Solo Laris Manis

Liputan6.com, Jakarta Ajang Jokowi mantu menjadi berkah bagi pengusaha dan perajin batik di Solo. Banyak tamu-tamu pernikahan yang memborong batik. Alhasil terjadi kenaikan penjualan batik sekitar 20 persen. Ketua Forum Pengembangan Kampoeng Batik Laweyan, Alpha Fabela mengakui jika pernikahan Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution berdampak positif terhadap penjualan batik.

Penjualan batik di sentra kerajinan batik itu meningkat hingga 20 persen.

"Iya, ada pengaruhnya. Berdasarkan info dari teman-teman pengusaha di Laweyan, rata-rata naik dari 20 persen hingga 30 persen, " jelas Alpha di Solo, Jumat, 10 November 2017.

Menurutnya, peningkatakan penjualan mulai terlihat menjelang hari pernikahan putri Presiden Jokowi yang digelar 8 November 2017. Sebagian besar pembeli adalah rombongan tamu yang menghadiri resepsi pernikahan Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution.

"Sejak tiga hari sebelum pernikahan sudah mulai melonjak penjualannya. Mereka membeli batik untuk dipakai saat prosesi resepsi," ucapnya. Bahkan, Alpha mengakui, setelah prosesi pernikahan selesai penjualan batik masih terkatrol naik. Hal ini disebabkan para tamu yang hadir dalam resepsi memborong batik untuk buah tangan rekan maupun keluarga di rumah.

"Peningkatan penjualan batik ternyata masih terasa hingga dua hari pasca pernikahan. Kelihatannya mereka membeli batik untuk oleh-oleh," ucapnya.

 

1 dari 2 halaman

Batik Solo

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Kota Solo, Basuki Anggoro Hexa mengatakan sejumlah pengusaha batik merasakan peningkatan omset penjualan yang signifikan selama prosesi pernikahan putri Presiden Jokowi.

Para tamu undangan banyak yang berburu batik, baik sebelum maupun sesudah hari H.

"Terjadi transaksi yang meningkat hingga 50 persen di rumah-rumah industri batik seperti di Laweyan itu," sebutnya.

Selain batik, Hexa mengungkapkan para tamu banyak yang mengunjungi destinasi wisata seperti museum. Tak pelak, selama prosesi pernik itu pengunjung Museum Radya Pustaka dan Museum Keris meningkat.

"Kemarin itu berdasarkan informasi dari TIC (Tourist Information Center) ada rombongan Duta Besar sekitar 49 orang yang akan njagong (resepsi) itu berkunjung ke Museum Radya Pustaka dan Museum Keris," ujarnya.

Ia pun mengakui jika pernikahan Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution ikut mempromosikan sejumlah destinasi wisata di Solo, seperti wisata batik hingga museum.

(Fajar Abrori)