Sukses

Bagaimana Jika Anak Pergoki Anda Sedang Bercinta?

Liputan6.com, Jakarta Bercinta adalah satu hal yang harus dan penting dilakukan oleh pasangan menikah, terutama jika telah memiliki anak. Namun, bagaimana jika suatu saat anak-anak memergoki Anda sedang bercinta?

Dilansir dari bravotv.com, Minggu (12/11/2017), Kristen Bell mengaku kepada The Talk bahwa dirinya baru saja mengalami satu kejadian di mana anak-anaknya memergokinya sedang bercinta. Lantas, bagaimana caranya mengatasi hal tersebut?

Menurut Dr. Richard Horowitz, The Family Centered Parenting Coach dan penulis Family Centered Parenting: Your Guide for Growing Great Families, cara mengatasi hal tersebut tergantung pada dua hal. Pertama adalah usia anak tersebut dan kedua adalah apa yang pernah dibicarakan orangtua tentang seks kepada anak tersebut.

Nilai-nilai dalam sebuah keluarga juga menjadi hal penting untuk disoroti, bagaimana dan kapan Anda menjelaskan hal tersebut. Untuk anak-anak usia 3 sampai 5 tahun, jelaskan bahwa bercinta adalah hal yang dapat mendekatkan satu sama lain, tidak lebih dari itu.

Jika anak terlihat takut dan Anda terkejut, katakan bahwa Anda terkejut. Sedangkan untuk anak Anda yang berusia di atas 5 tahun, penjelasan bahwa bercinta merupakan hal yang sangat normal bagi dua orang yang saling mencintai.

Saksikan Video Menarik Berikut Ini: 

1 dari 2 halaman

Bagaimana jika anak memergoki Anda dan pasangan sedang bercinta?

Mulailah berbicara tentang seks kepada anak Anda sedini mungkin. Pertama, jelaskan tentang faktor biologis dan bagian-bagian tubuh pada anak usia 3 dan 4 tahun.

Untuk anak-anak berusia 7 tahun, sangat penting untuk mulai membicarakan seks, karena bagian kognitif otak mereka telah berubah. Saat terbaik untuk memahami hal-hal yang sedikit lebih dewasa.

Hal terpenting di sini adalah orangtua harus menanamkan nilai-nilai keluarga yang kuat, sehingga berbicara jujur bukan hal yang sulit dan seks juga bukan hal yang tabu. Satu kesalahan yang paling sering Anda lakukan di saat seperti ini adalah merasa khawatir dan buru-buru membentak anak untuk keluar dari ruangan, benar?

Anggaplah ini sebagai gangguan, namun bukan gangguan seks. Ingatlah bahwa mereka tidak memiliki ikatan ingatan atau pengalaman sebelumnya.

Tenanglah, memergoki Anda sedang bercinta dengan pasangan tidak akan mengacaukan hidup anak-anak selamanya. Dengan segala kecanggihan teknologi yang ada, Anda sebagai orangtua memang harus lebih proaktif.

Artikel Selanjutnya
10 Cara Bangkitkan Gairah Pasangan Saat Berhubungan Seks
Artikel Selanjutnya
Tips Tetap Nyaman Berhubungan Seks di Usia Tua