Sukses

Tour de Linggarjati Jadi Momen Dongkrak Pariwisata Kuningan

Liputan6.com, Jakarta Tour de  Linggarjati, sebagai salah satu sport tourism paling bergengsi di Jawa Barat akan kembali digelar. Berlangsung di Kabupaten Kuningan pada 1 hingga 3 Desember 2017, acara berskala internasional ini diyakini bisa menjadi ajang promosi pariwisata Kabupaten Kuningan yang selama ini kurang terekspose. Tak hanya itu, gelaran sport tourism juga menjadi momen penting untuk memacu pembangunan infrastruktur pariwisata dan membuka akses wilayah untuk para investor.

Hal tersebut setidaknya diungkapkan Esthy Reko Astuti, Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara peluncuran resmi Tour de Linggarjati, di Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata, hari ini Kamis (9/11/2017).

“Ditargetkan ada 500 wisnus dan 150 wisman dengan total pengeluaran Rp 2 miliar yang langsung dibelanjakan ke masyarakat selama ini event ini digelar,” ungkap Esthy.

 Lebih jauh dirinya mengatakan, event sport tourism juga punya news value yang tinggi sehingga punya dampak positif dalam mendorong peningkatan kunjungan wisatawan. Tahun lalu saja kunjungan wisatawan ke Kabupaten Kuningan diproyeksikan mencapai 3 juta orang dengan pengeluaran sebesar Rp 2,4 triliun.

1 dari 2 halaman

Tanggapan Bupati Kuningan

Sementara itu, Bupati Kuningan Acep Purnama mengatakan, wilayahnya memang tengah fokus pada sektor pariwisata sebagai sektor unggulan dengan mengoptimalkan potensi wisata yang dimilikinya.

“Kami punya 14 objek wisata yang sudah tertata, selain juga puluhan lainnya yang punya potensi pengembangan,” ungkap Acep.

Tak hanya itu, Kuningan juga punya 8 event budaya yang digelar tiap tahun, 4 situs sejarah, dan didukung sarana akomodasi berupa 37 hotel dan penginapan. Bahkan kini, kawasan ini sudah semakin mudah diakses degan dibukanya tol Cikapali, tol Cisumdawu, dan Bandar Internasional Kertajati.

Terkait gelaran Tour de Linggarjati, Acep mengatakan, event ini merupakan investasi jangka panjang dalam mempromosikan potensi wisata yang dimiliki Kabupaten Kuningan.

“Melalui event ini kita kenalkan pariwisata Kuningan secara bertahap. Diharapkan dengan kesuksesan pelaksanaan Tour De Linggarjati juga menarik event-event internasional lainnya untuk dilaksanakan di Kabupaten Kuningan,” kata Acep.

Tour de Linggarjati sendiri menjadi event spesial karena digelar bertepatan dengan hari jadi ke-519 Kabupaten Kuningan, sekaligus memperingati 71 tahun peristiwa Perundingan Linggarjati sebagai bagian dari sejarah perjuangan bangsa.

 

Artikel Selanjutnya
Catat Dulu Jadwal Festivalnya Sebelum Beli Tiket Pesawat ke Bali
Artikel Selanjutnya
Jawara GFNY: Lombok Destinasi Sport Tourism Kelas Dunia