Sukses

Lebih Glamor, Lihat Bedanya Riasan Kahiyang Ayu di Resepsi Malam

Liputan6.com, Jakarta Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution resmi menjadi sepasang suami istri pada hari ini, Rabu (8/11/2017). Dihadiri oleh jajaran petinggi negara, mulai dari prosesi akad hingga resepsi yang sedang berlangsung, pernikahan Kahiyang Ayu menyedot banyak perhatian masyarakat di Tanah Air.

Digelar dengan adat Jawa yang terkesan sederhana tapi apik, malam ini, Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution hadir sebagai pasangan pengantin baru. Berbeda dengan acara akad tadi pagi, malam ini, Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution tampil dengan busana dan rias pengantin solo basahan.

Busana pengantin resepsi malam pernikahan Kahiyang Ayu-Bobby Nasution (Foto: Liputan6.com)

Zaman dahulu, jenis pakaian solo basahan hanya boleh digunakan oleh keluarga Keraton. Menariknya, riasan solo basahan harus bisa memunculkan aura baru pada pengantin wanita, layaknya Kahiyang Ayu malam ini.

 

1 dari 2 halaman

Riasan wajah Kahiyang Ayu di acara resepsi pernikahan

Riasan solo basahan memiliki ciri khas yang unik, seperti yang tampak pada paes Kahiyang Ayu malam ini ialah warna hijau dan alis yang dibentuk corak menjangan meranggah. Paes Kahiyang Ayu terdiri dari sempyok gajahan atau panunggul, pangapit, panitis, dan godheg.

Sanggul Kahiyang Ayu juga berbeda dengan yang digunakannya tadi pagi. Kali ini ia menggunakan bokor mengkurep. Sanggul ini dihiasi sembilan cunduk mentul motif alas-alasan, dengan bagian belakang yang diberi sentuhan aksesori garuda, cunduk jungkat, centung, dan sisir keketan.

Resepsi malam Kahiyang Ayu-Bobby Nasution

Bokor mengkurep dibuat dengan rajut yang berisi rajangan pandan halus dan cemara pupuk dengan roncean melati bulat kawungan, serta tibo dodo wiji timun. Tidak lupa, tampilan Kahiyang Ayu malam ini juga disempurnakan dengan aksesori, seperti suweng, kalung, gelang tretes, cincin, dan bros yang melambangkan kekayaan dan kejayaan dalam berumah tangga.

Dari segi busana, malam ini, Kahiyang Ayu mengenakan kain kampuh dodot berwarna hijau yang dipadukan prada emas bermotif alas-alasan dan blumbangan. Tampilannya kali ini disempurnakan dengan setagen, udet cinde, januran, dan buntal udan emas. Bagaimana menurut Anda?