Sukses

Jadi Ratu-Raja Semalam, Kahiyang-Bobby Menawan Pakai Dodot

Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution tampil bak pangeran dan ratu dengan baju Solo Basahan. Lihat di sini

Liputan6.com, Jakarta Keluarga Presiden Jokowi kembali menggelar resepsi pernikahan Kahiyang Ayu-Bobby Nasution di tempat yang sama pada malam harinya. Sang Ratu-Raja sehari Kahiyang-Bobby yang paling ditunggu-tunggu tampil menggunakan busana solo basahan di Graha Saba Buana, Solo, Rabu (8/11/2017).

Seperti dikabarkan sebelumnya, Kahiyang Ayu akan memakai dodot atau kemben yang akan memamerkan bagian bahunya. Busana dan rias pengantin solo basahan dinamakan dodot karena kedua mempelai mengenakan kain kemben panjang dan lebar bernama kain kampuh. Kahiyang menambahkan outer kebaya modifikasi model crop warna hitam berbahan beludru dengan bordir benang emas.

Dodotan kain beserta perlengkapannya terdiri dari kain kampuh dodot warna hijau yang dipadu prada warna emas bermotif alas-alasan beserta motif blumbangan. Dilengkapi dengan setagen, udet cinde, januran dan buntal udan emas.

Penggunaan busana dan rias pengantin solo basahan ini mengikuti tradisi keraton. Pada zaman dahulu, pakaian ini hanya boleh dikenakan keluarga keraton, tapi kini busana dan rias pengantin solo basahan dapat dikenakan oleh masyarakat umum.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Busana Pengantin Solo Basahan Bobby Nasution

Pengerjaan busana dan rias pengantin solo basahan untuk pria memang lebih sederhana jika dibanding dengan busana dan tata rias pengantin wanita. Meski demikian, semua elemen juga harus selaras dengan apa yang dikenakan oleh pengantin wanita.

Merias pengantin Jawa khususnya solo basahan, menjadi satu hal yang penting untuk bisa menampilkan pamor kedua mempelai. Rias wajah yang berhasil biasanya akan mampu memunculkan aura baru pada pengantin wanita sehingga tampil ceria dan secantik bidadari.

Begitu pula dengan pengantin pria, dengan didukung busana seorang raja, ia bisa tampil lebih gagah, elegan, dan berwibawa. Seperti Bobby yang terlihat gagah dengan topi kuluk mathak warna biru muda keputihan digunakan oleh Raja, warna biru muda dipakai oleh Pangeran Adipati.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.