Sukses

Fakta Kesederhanaan Akad Nikah Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution

Liputan6.com, Jakarta Susana pagi tadi, Rabu (8/11/2017) di Graha Saba Buana, Solo tampak tak seperti hari kerja pada umumnya. Ada kemeriahan pesta pernikahan Kahiyang Ayu dan Boby Nasution yang membuat suasana di area gedung tampak dipadati para tamu dan warga sekitar. Namun, lain dari suasana pernikahan anak pejabat pada umumnya, suasana akad nikah Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution tampak sederhana.

Pernikahan Kahiyang Ayu - Bobby Nasution (Vidio.com)

Menurut beberapa tamu yang hadir, suasana di dalam gedung memang cukup sederhana untuk ukuran hajat anak presiden. Namun keseluruhan acara berlangsung hikmat dan rapi. Dekorasi pelaminan dihiasi dengan bunga-bunga berwarna warni. Ada pink, merah dan ungu. 

Tata pencahayaan yang dipilih pun tak berlebihan. Malah cenderung remang-remang. Namun tak mengurangi kesan anggun yang ingin diwujudkan oleh keluarga Jokowi. 

Perlu diketahui Gibran Rakabuming Raka selaku kakak dari Kahiyang Ayu juga berperan sebagai ketua panitia pernikahan dan pemilik wedding organizer Chili Pari yang mengurus semua vendor acara pernikahan ini.

Tamu undangan menggunakan becak menuju Gedung Graha Saba Buana, Solo, Rabu (8/11). Panitia pernikahan Kahiyang-Bobby menyiapkan 50 becak untuk mengantar para tamu tersebut menuju acara resepsi. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Di bagian depan area gedung, bunga papan tampak berjejer dan becak yang berlalu lalang mengantarkan para tamu agar dapat tiba di depan pintu masuk. Biasanya bila pejabat atau konglomerat menggelar pesta pernikahan, mobil golf dipilih untuk menjadi kendaraan shuttle. Namun presiden Jokowi dan keluarga memilih becak.

1 dari 6 halaman

Busana Pengantin

Tak seperti putri pejabat lainnya yang mungkin lebih memilih desainer ternama untuk membuatkan busana pengantin. Sebut saja Annisa Pohan yang mengenakan busana rancangan Adjie Notonegoro di hari pernikahannya dengan Agus Yudhoyono pada tahun 2005. Sedangkan Kahiyang Ayu memilih Hanif Aisyah Nanjaya desainer asli Solo. 

Perkenalan Hanif dengan keluarga Presiden Joko Widodo hingga mendapat orderan busana pernikahan Kahiyang Ayu sama sekali tak diduga. Awalnya dimulai saat dirinya kerap mendesain busana untuk malam pemilihan Putra Putri Solo. Kebetulan Selvi Ananda, menantu pertama presiden Jokowi adalah mantan Putri Solo.

Pernikahan Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution. (Liputan6.com)

Kahiyang Ayu tampak anggun dengan kebaya hitam bermaterial beludru. Kebaya rancangan Hanif Aisyah ini diperindah dengan bordir benang berwarna emas di bagian depan. Busana kebaya merak kutu baru adat Solo Putri ini terlihat begitu cocok dikenakan Kahiyang Ayu saat dipersunting oleh Bobby Nasution pagi tadi.

2 dari 6 halaman

Kereta Kencana

Biasanya, mobil limosin menjadi pilihan para pengantin dari kalangan pejabat untuk mengantarkan ke gedung pernikahan. Namun berbeda dengan Kahiyang Ayu yang memilih kereta Kencana. Kirab menggunakan kereta kuda mengantarkan Kahiyang Ayu dan keluarga menuju lokasi pernikahan.

Setidaknya ada delapan kereta kencana hadir dalam acara tersebut. Semua kereta kencana ditarik menggunakan 16 ekor kuda. Tak ketinggalan, Bobby Nasution dan orangtua kedua mempelai juga menggunakan kereta kencana menuju lokasi akad nikah.

Kirab Pernikahan Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution

Kirab Pernikahan Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution

[Bintang] Prosesi Kirab Kahiyang

Kirab Pernikahan Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution

Sontak hal ini menjadi keunikan tersendiri yang disambut meriah oleh para warga yang antusias dan penasaran.

 

3 dari 6 halaman

Menu Makanan

Tentu saja untuk pesta besar ini yang terbayang adalah menu ala barat semacam steak atau menu internasional yang biasanya tersaji di hotel bintang 5. Namun tidak dengan pernikahan Kahiyang Ayu kali ini. Menu makanan yang dipilih serba Indonesia. Dari martabak, satai dari tempe, tempe gembus, dan jeroan hingga serabi Solo menjadi menu pilihan yang ada.

Objek Wisata Lebaran di Solo

4 dari 6 halaman

Sepatu buatan lokal

Keluarga Presiden Jokowi memesan 8 pasang selop untuk acara pernikahan Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution ini. Selop tersebut buatan UKM asli Solo, yang juga membuat selop untuk keluarga Presiden pada pernikahan Gibran Rakabuming beberapa tahun lalu.

Tak ketinggalan selop untuk Jan Ethes, cucu pertama Jokowi juga dibuat oleh Pasangan Agustinus Lasmono dan Miasih. Pasangan ini sudah merintis usaha pembuatan selop Winna yang tempatnya tak jauh dengan Terminal Tirtonadi, Solo sejak 1989.

Selop Ukuran Spesial untuk Jan Ethes di Pernikahan Kahiyang Ayu

5 dari 6 halaman

Hotel Bintang 5

Keluarga Bobby Nasution yang berasal dari Medan pun memilih hotel bintang 5 yang cukup nyaman untuk menginap selama acara pernikahan berlangsung. Walau bukan hotel bintang 6, Hotel Alila Solo yang dipilih oleh keluarga Bobby sebagai acara siraman berlangsung, terlihat cukup apik dan bersih. Dengan dekorasi bunga-bunga minimalis acara siraman Bobby Nasution berlangsung lancar.

Calon pengantin laki-laki, Bobby Nasution berpose saat pengambilan gambar usai prosesi siraman di Hotel Alila, Solo, Selasa (7/11). (Liputan6.com/Pool/All Seasons Photo)

Ibu dari calon pengantin laki-laki, Bobby Nasution menyuapi usai prosesi siraman di Hotel Alila, Solo, Selasa (7/11). Prosesi siraman ini digelar secara adat Jawa. (Liputan6.com/Pool/All Seasons Photo)

Orang tua calon pengantin laki-laki, Bobby Nasution saat prosesi siraman di Hotel Alila, Solo, Selasa (7/11). Air siraman Bobby dikumpulkan dari 7 mata air. (Liputan6.com/Pool/All Seasons Photo)