Sukses

Dukun Manten Berusia 80 Tahun Pandu Ritual Adat Nikahan Kahiyang

Dukun manten berusia 80 tahun memandu ritual adat pernikahan Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution, Rabu (8/11/2017) berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta Putri semata wayang Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu, dan Bobby menggelar pesta pernikahan pada Rabu (8/11/2017). Gelaran resepsi pernikahan ini sarat akan unsur tradisi Jawa yang kental. Tak hanya dekorasi dan busana semata saja yang mencerminkan nuansa Jawa, serangkaian prosesi adat juga dilakukan pada pernikahan Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution.

Pada resepsi pernikahan tersebut, terdapat beberapa ritual adat yang dilakukan oleh kedua mempelai. Salah satunya adalah ritual adat panggih dan dulangan. Ritual adat ini merupakan prosesi pertemuan antara mempelai pria dan mempelai wanita setelah akad pernikahan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dukun Manten Berusia 80 Tahun Pandu Ritual Adat Nikahan Kahiyang

Namun, ada yang menarik dari prosesi Panggih ini. Pasalnya, pemandu upacara pernikahan ini merupakan seorang dukun manten berusia 80 tahun bernama Ibu Sumaryono. Dirinya tak hanya bertugas sebagai pemandu upacara pernikahan Kahiyang Ayu saja, tetapi juga mendandani sang mempelai wanita agar terlihat manglingi.

Usia yang tak muda lagi dan jam terbang yang tinggi membuat Ibu Sumaryono yang juga pemilik Wisma Rias Cempaka Asri ini dipilih keluarga Presiden Joko Widodo untuk merias sekaligus memandu ritual adat pada pernikahan Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.