Sukses

Makna Ritual Panggih di Pernikahan Kahiyang Ayu

Berikut ritual adat Jawa panggih yang dilakukan Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution setelah resmi menikah.

Liputan6.com, Jakarta Seusai Kahiyang Ayu resmi dipersunting Bobby Nasution, mereka melanjutkan rangkaian adat dengan ritual Panggih. Panggih adalah prosesi pertemuan antara mempelai pria dan mempelai wanita setelah akad nikah diadakan.

Prosesi ini diawali dengan penyerahan sanggan yang merupakan simboli resminya Kahiyang Ayu dipersunting Bobby Nasution. Sanggan sendiri berupa dua sisir pisang raja matang, sirih ayu, kembang telon berupa mawar, melati, dan kenanga, serta benang lawe. Seluruhnya ditata dalam satu wadah khusus berupa keranjang anyaman.

Kemudian prosesi dilanjutkan dengan balangan gantal. Di sini kedua mempelai saling melempar kasih, Bobby Nasution dan Kahiyang Ayu saling melempar gantal atau daun sirih yang dilinting berisi bunga pinang, kapur sirih, gambir, dan tembakau hitam.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Membasuh kaki Bobby Nasution

Selanjutnya tiba saatnya Kahiyang membasuh kaki Bobby Nasution. Prosesi ini memiliki makna simbolisasi bakti mempelai wanita kepada mempelai pria dan juga membasuh segala halangan agar tujuan perjalanan menuju keluarga bahagia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.