Sukses

Jadi Saksi Pernikahan Kahiyang Ayu, Jusuf Kalla Pakai Baju Bugis

Liputan6.com, Jakarta Pernikahan Putri Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu, dan Bobby Nasution berlangsung hari ini, Rabu, 8 November 2017. Pada momen penting ini, Wakil Presiden Jusuf Kalla didaulat menjadi saksi pernikahan putri semata wayang Jokowi.

Pada pernikahan yang kental akan nilai budaya Jawa, Jusuf Kalla justru hadir dengan baju khas Bugis. Dirinya lengkap mengenakan kemeja Bugis hitam, sabuk emas, sarung merah dan peci hitam dengan aksentuasi kain keemasan.

 

1 dari 2 halaman

Jusuf Kalla Gunakan Pakaian Adat Bugis

Didaulat menjadi saksi pernikahan Kahiyang Ayu, Jusuf Kalla gunakan pakaian khas adat Bugis. (Foto: Liputan6.com)

Penampilannya tersebut terlihat sangat kontras saat disandingkan dengan kedua mempelai yang mengenakan busana pernikahan khas Jawa, yaitu beskap dan blangkon untuk mempelai pria, serta kebaya pernikahan Jawa dengan riasan yang dilengkapi dengan paes dan konde untuk Kahiyang Ayu.

Jika dilihat pada resepsi pernikahan Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution, memang tema besar yang diangkat sarat akan kebudayaan Jawa. Namun, para tamu undangan serta pendukung acara resepsi pernikahan ini banyak yang mengenakan busana khas Nusantara, sehingga sukses membangkitkan rasa semangat persatuan Indonesia.