Sukses

Mesra Disuapi Jokowi, Kahiyang Berkebaya Merah dan Payes Setengah

Selangkah menuju pernikahan, Kahiyang berkebaya merah dengan riasan payes di wajah sambil menjalani suapan terakhir dari Presiden Jokowi.

Liputan6.com, Jakarta Rangkaian menuju prosesi pernikahan Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution masuk dalam upacara suapan tumpeng terakhir. Dalam prosesi ini, Presiden Jokowi dan sang istri menyuapi putrinya dengan tumpeng nasi kuning dan buah-buahan.

Upacara tumpeng dilakukan setelah prosesi siraman dan dodol dawet. Tumpengnya dinamakan tumpeng kuat yang berwarna kuning melambangkan kejayaan. Tumpeng dilengkapi dengan lauk ayam, urap sayur, dan lodeh kluwih. 

Prosesi ini melambangkan cinta kasih orangtua kepada anak. Secara bergantian Iriana dan Jokowi menyuapi Kahiyang Ayu. Iriana menyuapi pisang dan nasi kuning, sementara Jokowi hanya menyuapi nasi kuning.

Ketiganya tampil kompak dengan busana warna merah. Kahiyang Ayu memakai kebaya dan kain dengan batik motif cinde. Batik dengan khas motif warna putih terlihat kontras dalam tiga warna di kebaya dan kain Kahiyang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kebaya Motif Cinde

Mulai dari merah, pink, dan merah maroon. Warna pink terdapat pada bagian bawah kebaya dan pergelangan tangan.

Sementara, wajah Kahiyang sudah tergambar payes dengan warna samar, serta rambut yang sudah dikonde Solo.

Payes yang dibuat setengah jadi bertujuan agar saat jadi pengantin esok hari terlihat manglingi. Terlihat juga ia tak memakai riasan berlebihan dan bibir yang polos tanpa lipstik. 

"Makeup midodareni tidak boleh tebal-tebal biar besok manglingi, biar berubah, biar cantik," ujar Ibu Sumaryono kala ditanyai tentang riasan saat midodareni.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.