Sukses

Cara Menolak Tugas Ekstra di Kantor Tanpa Emosi

Liputan6.com, Jakarta Mengatakan “tidak” kepada bos atau rekan kerja di kantor, tidak selamanya bersifat negatif. Kadang hal itu memang perlu dilakukan guna meningkatkan kualitas kerja Anda.

Namun faktanya, beberapa di antara kita masih banyak yang sungkan mengatakan kata yang satu ini. Banyak faktor yang memengaruhi hal itu. Mungkin karena Anda ingin belajar lebih banyak dari tugas tambahan itu, atau karena memang tidak enak menolak permintaan seseorang.

Pada intinya, kinerja Anda akan semakin maksimal jika Anda bekerja pada porsinya, sesuai dengan bidang dan keahlian. Oleh karenanya, jangan sungkan lagi untuk mengatakan tidak pada tugas tambahan di kantor.

Menurut DuitPintar.com, Anda bisa katakan “tidak” jika dihadapkan dengan situasi berikut ini:

1. Ketika ada deadline

Bila deadline tugas tertentu sudah mepet, prioritaskan untuk menyelesaikan itu dulu dengan sempurna. Jangan sungkan untuk katakan tidak, bila diminta menyelesaikan tugas tambahan yang bisa menghambat Anda memenuhi deadline.

Oleh karena itu, ada baiknya mencatat seluruh tugas-tugas setiap hari. Selesaikan mana yang jadi prioritas terlebih dulu, sebelum menerima tugas lainnya.

2. Ketika tugas tambahan tidak berhubungan dengan tugas utama Anda di kantor

Misalnya Anda bekerja di divisi sales, tapi Anda punya keahlian di multimedia. Alhasil, bos marketing sering meminta bantuan mengedit foto untuk materi promosi. Segera bilang “tidak” untuk tugas tambahan ini. Kecuali memang bos divisi Anda yang meminta.

Sebagai sales, tugas Anda tentu adalah mencari laba untuk perusahaan, bukan membuat desain materi promosi. Meski Anda punya keahlian multimedia, bukan berarti divisi lain bisa memanfaatkannya begitu saja.

 

1 dari 3 halaman

3. Ketika tugas tambahan tidak akan berpengaruh dengan jenjang karier Anda

Katakan “tidak” untuk tugas tambahan yang memang tidak ada hubungannya dengan peningkatan jenjang karier Anda di masa depan. Menerima tugas ini hanya akan membuang waktu Anda.

Misalkan, Anda adalah seorang customer service dengan tugas harian yang cukup padat. Lantas Anda diminta ikut tim promosi menjaga booth di pameran saat akhir pekan. Apakah jaga booth bisa meningkatkan karier Anda dari staf menjadi manajer customer service?

4. Ketika diminta melakukan sesuatu yang melanggar hukum

Berani bilang “tidak” jika atasan atau rekan kerja meminta Anda melakukan tindakan yang melanggar hukum. Sebut saja seperti melakukan mark up dana proyek, atau apa pun yang berhubungan dengan suap-menyuap. Kalau tertangkap basah, bisa masuk penjara lho.

 

2 dari 3 halaman

Begini Caranya Bilang “Tidak” Tanpa Menyinggung Perasaan Orang Lain

Memang, kalau teori saja terdengar gampang. Kenyataan? Lain cerita. Sebagai orang Indonesia yang sering ”tidak-enakan”, bilang “tidak” kepada rekan kerja atau atasan memang sulit. Pasti ada perasaan tidak tega atau tidak enak hati. Atau bahkan takut menyinggung perasaan mereka.

Ketika ditawari mengerjakan tugas tambahan, luangkan waktu sejenak untuk berpikir, sebelum mengatakan ya atau tidak untuk tugas ini.

Sampaikanlah penolakan Anda secara halus dengan tatap muka. Proses penyampaian ini bertujuan untuk meminimalisasi adanya salah paham di antara Anda dan pemberi tugas.

Bila memang tidak memungkinkan untuk Anda menyelesaikan tugas tambahan, ingatkan saja atasan dengan tugas yang sudah dia berikan kepada Anda belakangan ini. Barangkali dia lupa akan apa yang sedang Anda kerjakan.

Jangan lupa berterima kasih kepada mereka yang berniat memberi tugas ini kepada Anda. Bagaimanapun juga, itu tandanya dia menaruh kepercayaan yang tinggi kepada Anda.

 

Artikel Selanjutnya
Tips Hindari Pertengkaran Pasangan agar Tak Berujung Pembunuhan
Artikel Selanjutnya
Lakukan Cara Ini untuk Tingkatkan Kecerdasan Emosi Anak