Sukses

Gaya Busana Jokowi Saat Pasang Bleketepe Pernikahan Kahiyang Ayu

Liputan6.com, Jakarta Sebelum pernikahan berlangsung, berdasarkan adat Jawa terdapat ritual pasang Bleketepe oleh orangtua, seperti yang dilakukan Jokowi sebelum pernikahan sang putri semata wayangnya Kahiyang Ayu. Pernikahan Kahiyang Ayu dan sang kekasih Bobby Nasution akan diselenggarakan pada Rabu (8/11/2017).

Jokowi terlihat gagah dalam balutan beskap bernuansa oranye. Beskap ini dipadukan dengan kain batik dan blangkon khas Jawa. Beskap ini dilengkapi aksesori seperti bros di bagian dada dan depan beskap. Dengan hati-hati terlihat Jokowi memasang bleketepe dibantu sang istri Iriana Jokowi jelang pernikahan putrinya Kahiyang Ayu.

Iriana juga terlihat menggunakan kebaya kutu baru dengan gradasi warna yang senada. Pada bagian dada Iriana menambahkan bros dan gelang sebagai aksesori pelengkap. Rambutnya disanggung klasik khas Jawa sehingga terlihat lebih anggun. Makeup yang digunakan ibu negara ini natural dan flawless.

Dalam prosesi ini, Presiden Jokowi menaiki anak tangga sedangkan ibu Iriana memegang tangga sambil membantu memberikan bleketepe. Tradisi ini sebagai simbol gotong royong kedua orangtua yang menjadi pengayom keluarga. Pemasangan bleketepe merupakan salah satu tradisi dalam penikahan adat Jawa kali ini pernikahan Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution. Bleketepe adalah sebutan untuk anyaman dari daun kelapa yang dijadikan atap atau peneduh saat prosesi pernikahan berlangsung.

 

 

1 dari 2 halaman

Sejarah bleketepe

Berawal dari ajaran Ki Ageng Tarub, salah satu leluhur raja-raja Mataram, saat menikahkan putrinya, Dewi Nawangsih dengan Raden Bondan Kejawan, Ki Ageng membuat peneduh dari anyaman daun kelapa.

Sementara anggota keluarga lainnya seperti sang adik Kaesang Pangarep, Gibran dan istrinya Silvi juga kompak menggunakan busana bernuansa oranye. Busana ini bermaterial silk sehingga terlihat mewah. Setelah pemasangan bleketepe acara akan dilanjutkan dengan ritual siraman.