Sukses

Ini 5 Kesalahan yang Kerap Terjadi Saat Memasak Pasta

Liputan6.com, Jakarta Pasta merupakan salah satu masakan Italia yang populer di berbagai penjuru dunia. Termasuk di Indonesia. Anda mungkin merupakan salah satu penggemarnya. Kini sudah ada banyak produk pasta yang dijajakan di pusat perbelanjaan sehingga Anda tak perlu membuat adonan pasta terlebih dahulu.

Meski sudah dipermudah dengan kehadiran pasta kemasan, tampaknya masih banyak kegagalan yang terjadi saat memasak pasta. Melansir halaman Business Insider pada Kamis (9/11/17), berikut ini adalah 5 kesalahan paling sering dilakukan dalam memasak pasta.

Air belum mendidih

Ilustrasi Foto Spaghetti (iStockphoto)

Kesalahan paling sering dalam memasak pasta adalah memasukkanya ke dalam panci merebus sebelum air mendidih. Untuk mendapat hasil maksimal dari rebusan pasta, Anda harus menunggu air benar-benar bergejolak sebelum memasukan pasta.

Kurang air rebusan

Selain soal level didih air, hal lain yang juga harus diperhatikan adalah jumlah air yang digunakan untuk merebus. Pasta yang baik hanya dapat diperoleh dengan air rebusan yang cukup banyak, yang memungkinkan pasta tersebut “berenang” di dalam panci rebusan.

 

 

1 dari 3 halaman

Bentuk pasta yang salah

Bukan tanpa alasan bila pasta dengan bentuk tertentu berpadu dengan bumbu tertentu. Pasta datar dan panjang akan memaksimalkan rasa olive oil dan cream sauce. Sedangkan yang berbentuk lebih gemuk atau bulat akan lebih cocok dengan saus yang lebih kental. Namun umumnya saus tomat akan cocok dengan segala jenis pasta.

Ilustrasi Foto Spaghetti (iStockphoto)

Terlalu matang

Tingkat kematangan pasta yang baik adalah al dente yang berarti “mengenai gigi” dalam bahasa Italia. Pasta menghasilkan rasa optimal jika tidak dimasak terlalu lembek dan mengembang. Sebagai trik, Anda bisa mematikan kompor sekitar 2 menit sebelum waktu yang dianjurkan dalam kemasan.

 

2 dari 3 halaman

Teknik menyiram saus

Ini kesalahan paling lumrah dilakukan. Saus pasta bukan untuk disiram, melainkan dimasak dengan pasta yang sudah direbus. Itulah sebabnya pasta tidak direbus terlalu lama, yakni agar tak menjadi terlalu matang pada saat dimasak bersama dengan sausnya. Masak pasta dan sausnya dengan api kecil selama sekitar satu menit dan hidangkan.

Ilustrasi Foto Spaghetti (iStockphoto)

Bio In God Bless

Artikel Selanjutnya
Cek 8 Perabotan Dapur yang jadi Sarang Kuman!
Artikel Selanjutnya
Empat Cara Ampuh Mencegah Aroma Tidak Sedap pada Mobil