Sukses

5 Fakta Pyeongchang, Tuan Rumah Olimpiade Musim Dingin 2018

Liputan6.com, Jakarta Pyeongchang, Korea Selatan akan menjadi tuan rumah Olimpiade dan Paralimpiade Musim Dingin pada 9 – 25 Februari 2018 mendatang. Sejumlah nomor olahraga berbasis salju dan es akan diselenggarakan di sini.

Dibandingkan Seoul (ibu kota Korea Selatan), Busan (kota kedua terbesar di Korea Selatan), Incheon (kota bandara) dan pulau Jeju, nama Pyeongchang mungkin masih agak asing di telinga masyarakat awam.

Padahal Pyeongchang juga punya pesona tersendiri bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke Korea Selatan. Berikut ini adalah 5 fakta tentang Pyeongchang yang dirangkum dari berbagai sumber:

1. Berhasil jadi tuan rumah Olimpiade setelah 2 kali kalah

Dalam pemilihan tuan rumah Olimpiade 2010 dan 2014, Pyeongchang kalah suara dari Vancouver (Kanada) dan Sochi (Rusia). Namun impian Korea Selatan akhirnya terwujud ketika pada Juli 2011 Pyeongchang diumumkan terpilih sebagai tuan rumah Olimpiade 2018.

2. Sapporo-nya Korea Selatan

Seperti Sapporo yang terkenal sebagai kota salju di Jepang, demikian pula halnya dengan Pyeongchang. Saat musim dingin, Pyeongchang menjadi tujuan wisata yang populer di kalangan masyarakat Korea.

Shutterstock.com

Lokasi Pyeongchang yang berada di pegunungan Taebaek membuat 60% area yang ada di sini memiliki ketinggian 700 meter di atas permukaan laut. Tak heran jika di Pyeongchang ada banyak sekali resor ski. Di sini juga musim dinginnya tiba lebih cepat dan berakhir lebih lama (awal November – April).

3. Pernah jadi lokasi syuting drama Korea populer

Tahu drama Autumn in My Heart yang dibintangi Song Hyekyo dan Winter Sonata-nya Bae Yongjun?  Keduanya sama-sama pernah syuting di Pyeongchang. Phoenix Park Resort menjadi lokasi syuting Autumn in My Heart dan di Olimpiade Musim Dingin 2018 nanti akan dijadikan lokasi pertandingan nomor olahraga Snowboard.

Shutterstock.com

Sementara itu, Winter Sonata dulu syuting di Yongpyong Resort. Nanti saat Olimpiade, Yongpyong Resort juga dijadikan lokasi pertandingan. Tepatnya untuk nomor olahraga Alpine Skiing.

4. Tidak hanya indah saat musim dingin

Meski terkenal dengan resor skinya, tapi Pyeongchang juga tidak hanya indah saat musim dingin. Anda juga bisa mengunjungi Pyeongchang di musim-musim lain. Misalnya saat musim gugur, ketika bunga gandum hitam (buckwheat flower) mekar.

Shutterstock.com

Anda bisa mengunjungi Lee Hyoseok Culture Village dan menikmati indahnya pemandangan padang bunga buckwheat yang seperti kapas dari kejauhan. Anda juga bisa menikmati berbagai jenis olahan kuliner dari gandum hitam.

Objek wisata menarik lainnya yang bisa Anda kunjungi di Pyeongchang selama musim semi, musim panas atau musim gugur adalah Daegwallyeong Sheep Farm. Pemandangan kawanan domba yang menggemaskan berlarian di bukit hijau begitu menenangkan dan fotogenik tentunya. Anda juga bisa ke peternakan, memberi makan domba dan menyentuhnya secara langsung.

5. Hanya dua jam dari Seoul

Sebagai bayangan, Seoul ada di sebelah barat peninsula Korea. Sementara Pyeongchang ada di sebelah timur peninsula. Jika berkendara dengan mobil, jarak tempuh dari Seoul sekitar dua jam.

Dulu belum ada jalur kereta dengan pemberhentian di Pyeongchang. Umumnya orang-orang yang ingin ke sini harus menggunakan mobil pribadi. Jika menggunakan kereta, wisatawan harus turun di stasiun Jinbu atau Gangneung. Demikian juga bagi pengguna bus.

Namun sejak ada rencana Olimpiade Musim Dingin, pemerintah Korea Selatan menambahkan Pyeongchang Station di rute KTX (kereta ekspres Korea) yang sudah ada.

Jika sudah resmi dibuka Desember nanti, perjalanan dari Seoul ke Pyeongchang dengan KTX hanya memakan waktu sekitar 58 menit. Sementara jika dari bandara internasional Incheon ke Pyeongchang, waktu tempuhnya sekitar 86 menit.

Berminat merasakan liburan musim dingin di Pyeongchang? Mulai dari cari-cari harga tiket pesawat murah ke Korea Selatan dulu. Setelah itu, Anda bisa mulai mencari penginapan yang nyaman dan sesuai bujet di Pyeongchang. Selamat liburan!

Artikel Selanjutnya
Bek Anyar Chelsea Masuk Timnas Italia
Artikel Selanjutnya
Top 10 Berita Bola: 3 Pemain yang akan Dilepas MU