Sukses

Waktu Terbaik Berolahraga untuk Menurunkan Berat Badan

Ingin berat badan turun secara efektif? cari tahu kapan waktu terbaik untuk berolahraga.

Liputan6.com, Jakarta Pada dasarnya, olahraga bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja. Namun bagi Anda yang dalam program menurunkan berat badan, ada waktu-waktu tertentu yang baik dilakukan agar penurunan berat badan bisa lebih efektif.

Kapan tepatnya waktu tersebut?

Dibandingkan olahraga di sore atau malam hari, banyak penelitian yang mengatakan waktu terbaik untuk berolahraga adalah di pagi hari. Apalagi jika olahraga dilakukan saat perut dalam keadaan kosong atau sebelum Anda sarapan. Penelitian yang dilakukan oleh Gonzales GT pada tahun 2013 lalu menunjukkan bahwa berolahraga sebelum sarapan dapat membakar 20% lemak tubuh lebih banyak. Hal ini dikarenakan ketika Anda berolahraga saat perut dalam keadaan kosong, metabolisme tubuh akan meningkat sehingga pembakaran kalori pun akan semakin banyak.

Perut yang kosong di pagi hari juga menyebabkan tubuh menyesuaikan produksi hormon insulin. Hormon ini akan bekerja lebih sensitif untuk membantu tubuh menyerap nutrisi dari makanan serta menyalurkannya ke otot dan hati jauh lebih baik.Selain itu, dengan olahraga pagi Anda bisa terhindar dari rasa lapar di sepanjang hari.

Didukung oleh penelitian yang dilakukan Lara Carlson, PhD, di American College of Sport Medicine, jika Anda berolahraga di pagi hari, aktivitas fisik tersebut juga dapat membuat tubuh melepaskan hormon endorfin. Hormon inilah yang menstimulus Anda untuk memilih menu makanan yang lebih sehat. Sangat cocok untuk Anda yang sedang dalam program diet untuk menurunkan berat badan, bukan?

(Rizqi Rosmalawati)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.