Sukses

Kostum Nuansa Orang Utan Miss Universe Indonesia Bunga Jelitha

Puteri Indonesia Bunga Jelitha memamerkan kostum nasional bernuansa orang utan dengan filosofis mendalam di baliknya. Seperti apa?

Liputan6.com, Jakarta Ajang kecantikan sejagad Miss Universe akan segera digelar. Menuju ajang bergengsi tersebut, Indonesia mempersiapkan perwakilannya lewat Puteri Indonesia terpilih Bunga Jelitha Ibrani. Salah satu hal yang menarik dan ditunggu adalah penampilan national costume yang menjadi kekuatan Indonesia.

Kali ini, Bunga memakai busana rancangan desainer kenamaan Rinaldy Yunardi bertajuk Warrior of Orang Utan. Desainer yang akrab dengan sapaan Koh Yungyung ini terinspirasi dari orang utan yang semakin punah. Lewat koleksi ini nantinya Bunga bisa menyampaikan pesan-pesan menjaga orang utan dan habitatnya kepada dunia.

"National costume Miss Universe Indonesia tahun ini lebih unik, punya story yang dalam dan mampu memberikan inspirasi kepada dunia," ujar Putri Kus Wisnu Wardhani Ketua Dewan Pembina Yayasan Puteri Indonesia saat konferensi pers di Jakarta, Jumat (3/11/2017).

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Inspirasi Busana Bernuansa Orang Utan

Kerusakan hutan yang merupakan isu dunia menjadi inspirasi busana national costume ini. Orang utan menjadi salah satu hewan yang terkena dampaknya sehingga mendekati kepunahan.

Puteri Indonesia 2017 Bunga Jelitha Ibrani memakai kostum nasional untuk Miss Universe (Foto: Liputan6.com/Herman Zakaria)

Material yang digunakan untuk membuat kostum tersebut juga ramah lingkungan memakaianyaman rotan yang merupakan teknik kerajinan khas Indonesia. Kostum ini semakin stylish dengan aksen khas Kalimantan yang melambangkan kekokohan pejuang melindungi satwa Orang Utan dan hutan Kalimantan.

Pada bagian kepala, Rinaldy Yunardi menggunakan headpiece dari suku Dayak di Kalimantan yang hidup selaras di hutan. Pada bagian pundak dilengkapi bulu-bulu orang utan lengkap dengan wajahnya di bagian belakang. Aksen ini bermakna permintaan mereka kepada manusia tidak lagi merusak hutan yang merupakan habitat orang utan untuk bertahan hidup.

Melengkapi penampilannya, Bunga menggunakan gelang khas Kalimantan dan sepatu boot hingga lutut yang melambangkan tameng dan kesiapan seorang ksatria berjuang membela dan melindungi habitat orang utan.

3 dari 3 halaman

Kata Rinaldy Yunardi Sang Desainer

Dengan berani dan gagahnya, Bunga Jelitha Ibrani berjalan menantang bak ksatria mempersembahkan kostum Warrior of Orang Utan ini. Ia mengayunkan tangannya dengan koreografi yang menggambarkan bentuk perlawanan terhadap kerusakan hutan. Dengan kostum ini, Bunga diharapkan bisa menyampaikan pesan positif kepada dunia di panggung Miss Universe.

"Kostum ini dibuat untuk melambangkan bentuk perlawanan kepada kerusakan hutan dan orang utan. Material yang digunakan juga ramah lingkungan. Unsur budaya juga dilihat dari anyaman dan suku Dayak. Kita doakan Bunga bisa membawakan kostum ini dengan baik di Miss Universe," kata Rinaldy Yunardi ditemui di tempat yang sama.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini