Sukses

Liburan Ajak Si Kecil Naik Pesawat? Perhatikan Dulu Tipsnya

Ternyata ada tips jitu agar anak tidak rewel selama perjalanan wisata bersama keluarga.

Liputan6.com, Jakarta Liburan anak dan keluarga bisa menjadi sangat mengesankan terlebih lagi jika si kecil tidak rewel selama di perjalanan. Banyak ibu yang khawatir saat ingin mengajak anak balitanya liburan apalagi menggunakan pesawat.

Tips Liburan Anak (Balita) Naik Pesawat

Nah, agar liburan anak balita makin menyenangkan untuk orang tua dan dirinya sendiri, ada beberapa hal yang perlu di persiapkan sebelum naik pesawat.

1. Saat Booking Tiket Pesawat

Saat memiliki anak balita, maka pesan tiket pesawat harus menyesuaikan dengan jam tidur si kecil. Jika penerbangan jarak pendek, maka sebaiknya pilih jam terbang di siang hari atau saat jam tidur anak. Sedangkan saat penerbangan jarak jauh, maka pilihlah jam penerbangan malam. Hal ini agar meminimalisir kemungkinan rewelnya si kecil. Saat si kecil tidur saat take off bisa meminimalisir si kecil menangis karena adanya tekanan udara yang mengganggu pendengaran si kecil.

Jika ibu membawa anak bayi berusia 2 tahun, maka lebih baik pilih kursi di bagian depan atau bulkhead seat. Hal ini agar ibu bisa lebih nyaman (tidak pegal) dan selonjoran, karena dikhawatirkan si kecil akan bergerak kesana kemari. Jangan lupa juga, bagi ibu yang membawa stroller cek dulu maskapainya, apakah memperbolehkan stroller naik ke kabin atau tidak karena tidak semua maskapai mengijinkannya.

2. Saat Menunggu Keberangkatan

Sebaiknya tiba di bandara lebih awal, agar lebih nyaman dan tidak panik. Jika ibu panik, maka perasaan itu akan tertular pada anak sehingga ia jadi rewel. Selama menunggu keberangkatan, ibu bisa mengajak si kecil melihat-lihat suasana sekitar bandara dan mengenalkan lingkungan hingga pemandangan sekitar.

3. Cukup 1 Tas untuk Keperluan Si Kecil

Barang bawaan si kecil saat liburan anak adalah hal lain yang menjadi perhatian ibu. Pasti akan ada banyak keperluan bayi seperti popok, susu, baju ganti, toiletries, dll. Agar ibu tak repot membawa banyak tas, sebaiknya satukan dalam 1 tas saja. Namun, bukan memasukkannya begitu saja, melainkan di simpan terlebih dahulu didalam pouch, lalu dimasukkan ke tas yang lebih besar.

Jika si kecil minum susu formula, sebaiknya cukup bawa susu yang bubuk saja, karena ada peraturan tentang jumlah cairan yang diperbolehkan dibawa di atas pesawat. Selain kebutuhan penting tersebut, ibu juga harus sediakan mainan kesukaan di kecil, agar ia tak bosan. Bawalah mainan yang kecil sehingga mudah dan ringan dibawa kemanapun.

4. Agar Si Kecil Tenang

Jika membawa bayi, maka saat take off sebaiknya dalam kondisi menyusui. Hal ini untuk mengurangi efek gangguan telinga yang sering terjadi saat pesawat take off. Selain itu, peluk si kecil agar merasa tenang dan nyaman. Jika si kecil suka ngemil maka bisa beri ia cemilan agar tidak rewel.

5. Santai dan Jangan Panik

Saat membawa bayi, maka jangan stress karena akan berpengaruh kepada si kecil. Semakin kita panic, maka si kecil akan lebih rewel. Nikmati perjalanan liburan anak dan orang tua selama di pesawat agar terasa nyaman dan menyenangkan.

Temukan berbagai tempat wisata yang ramah anak DISINI dengan harga tiket masuk termurah hanya di Lakupon.com.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini