Sukses

Inilah Penyebab Permasalahan Rambut Rontok yang Jarang Diketahui

Tanpa sadar, beberapa hal berikut ini menjadi penyebab timbulnya permasalahan rambut rontok.

Liputan6.com, Jakarta Faktanya, faktor kesehatan tubuh sangat mempengaruhi pertumbuhan rambut Anda. Meskipun berbagai perawatan rambut sudah dilakukan, jika kesehatan tubuh Anda dalam keadaan tidak baik, kerontokan pada rambut akan terus terjadi.

Sayang, tak banyak orang menyadarinya. Dirangkum dari berbagai sumber, ada beberapa masalah kesehatan yang dapat menyebabkan timbulnya permasalahan rambut rontok. Yuk kita simak ulasannya di bawah ini.

1.Stres

Dalam hal ini, stres yang dimaksud adalah stres yang datang dari kejadian yang menyebabkan trauma psikologi seperti kecelakaan, pasca operasi, baru sembuh dari sakit yang panjang, dan penurunan berat badan yang drastis.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2.Anemia

Kondisi ini terjadi ketika Anda kekurangan zat besi dan tidak memiliki sel darah merah yang cukup untuk mengangkut oksigen ke seluruh tubuh, termasuk ke bagian rambut. Hal tersebut menyebabkan kepala kekurangan oksigen dan terjadilah kerontokan rambut.

Ilustrasi Foto Rambut Rusak, Rontok dan Kering (iStockphoto)

 

3 dari 3 halaman

3.Kekurangan Protein

Ketika kekurangan protein, tubuh secara otomatis akan menghentikan supply protein pada rambut dan mengalihkannya ke bagian lain yang lebih membutuhkan. Itu mengapa pertumbuhan rambut terhenti dan menjadi rontok.

Rambut merupakan salah satu aset yang menunjang penampilan. Lalu, bagaimana cara agar rambut tidak rontok dan tetap kuat? (Foto: Istockphoto)

Konsumsilah makanan yang kaya akan zat besi dan protein seperti hati, ikan tuna, salmon, sayuran hijau serta buah-buahan seperti jeruk dan alpukat. Cara lainnya adalah rutin melakukan pijat kepala secara ringan dengan gerakan memutar menggunkan ujung jari. Jangan ragu untuk menggunakan minyak pijat yang baik untuk rambut seperti coconut oil atau almond oil sebelum mencuci rambut.

Risqi Rosmalawati

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Rambut rontok dalam dunia medis disebut sebagai alopesia. Kerontokan merupakan kondisi umum yang memang terjadi pada semua orang.

    Rambut Rontok

  • Rambut

Video Terkini