Sukses

Inilah Tanda-Tanda Anda Kecanduan Smartphone

Liputan6.com, Jakarta Saat ini, smartphone telah menjadi benda yang paling penting dan dinilai sebagai kebutuhan pokok. Smartphone juga dianggap memberikan banyak kemudahan dalam hal pekerjaan hingga kehidupan sehari-hari.

Namun jika pemakaian smartphone tidak bijak, Anda akan mengalami kecanduan dan disebut sebagai smartphone zombie. Inilah tanda-tanda bahwa Anda merupakan seorang smartphone zombie dan penyebabnya.

Insomnia

Sulit tidur karena terlalu asik menggunakan Smartphone merupakan tanda awal kecanduan. Paparan cahaya dari smartphone menyebabkan terganggunya hormon melatolin pada tubuh. Hal ini mengakibatkan otak termanipulasi untuk tidak mengantuk. Penyebab lainnya adalah lupanya Anda akan waktu saat memainkan smartphone membuat jam tidur jadi terganggu dan terjadilah insomnia.

Ilustrasi Foto Telepon Genggam atau Handphone (iStockphoto)

 

1 dari 3 halaman

Masalah Jerawat

Kebiasaan menyentuh dan membawa smartphone ke mana saja membuat benda ini menjadi sarang kuman. Sehingga peluang kuman tersebut berpindah dan menjadikan wajah berjerawat sangat besar. Baik karena kontak langsung ke pipi maupun melalui tangan.

Radiasi

Sering merasa pusing atau mual tanpa sebab? Smartphone yang Anda miliki dilengkapi dengan transmitter radio yang memancarkan radiasi elektromagnetik. Meskipun tidak banyak, jika paparan radiasi yang terus-menerus akan mengakibatkan efek seperti mual, pusing hingga kepikunan.

Ilustrasi Foto Telepon Genggam atau Handphone (iStockphoto)

 

2 dari 3 halaman

Canggung di Kehidupan Nyata

Kehidupan sosial Anda cenderung lebih canggung karena kurang terbiasa dengan komunikasi secara nyata. Karena selain fisik, efek terlalu sering menggunakan smartphone juga mempengaruhi kesehatan mental. Anda akan mudah mengalami stres dan terlalu sibuk dengan kehidupan orang lain sehingga kurang aware dengan kehidupan di sekitar.

Radang Sendi

Kebiasaan menunduk terlalu lama berdampak buruk terhadap persendian yang ada di leher dan pundak, sehingga menyebabkannya menjadi selalu pegal. Apalagi dengan mengetik dan scrolling, mengakibatkan Anda memegang smartphone pada posisi yang sama dalam waktu yang lama. Hal ini memicu terjadinya peradagan pada persendian di tangan.

Ilustrasi Foto Telepon Genggam atau Handphone (iStockphoto)

Risqi Rosmalawati

Artikel Selanjutnya
10 Cara Bangkitkan Gairah Pasangan Saat Berhubungan Seks
Artikel Selanjutnya
5 Tanda Anda Tidak Puas dengan Hubungan Asmara