Sukses

Global Shopping Festival Hadirkan Pengalaman Berbeda Berbelanja

Liputan6.com, Jakarta Produk-produk Indonesia ternyata cukup digemari oleh masyarakat Tiongkok. Mereka pun kerap memesan produk-produk tersebut melalui platform belanja online.

Untuk memberikan pengalaman belanja yang berbeda, Alibaba Group secara resmi menggelar 11.11 Global Shopping Festival. Festival tahunan yang diadakan setiap 11 November ini memperkenalkan konsep New Retail sebagai fokus tahun ini. Konsep New Retail memperlihatkan masa depan ritel dengan menanamkan elemen toko fisik di media sosial, konten interaktif, dan hiburan dalam satu ekosistem yang belum pernah dilakukan sebelumnya.

Festival belanja online terbesar dan paling dinantikan ini telah diselenggarakan sejak 2009. Bentuknya pun berevolusi dari penjualan online 24 jam menjadi festival belanja 24 hari, baik di platform online maupun pusat perbelanjaan. Setengah miliar konsumen di seluruh dunia dapat menikmati promosi dan penawaran dari 140.000 merek dan 15 juta produk yang terdaftar.

Masyarakat internasional, termaksud Indonesia dapat memiliki koleksi Taobao dari platform Lazada. Alibaba mengakuisisi saham Lazada yang menjadi platform e-commerce unggulan se-Asia Tenggara sejak April 2016.

Tahun 2016, bermacam-macam produk Indonesia dipesan oleh konsumen Tiongkok. Produk-produk tersebut di antaranya merupakan makanan ringan ternama seperti Chitato, Qtela, dan Dua Kelinci, dan produk yang paling banyak dipesan adalah kopi instan Kopi Luwak.

Dengan meningkatnya minat konsumen dalam memesan produk dari luar negeri, festival tahun ini akan menjadi kali pertama para pedagang dan konsumen merasakan pengalaman konsep New Retail yang menjadi strategi Alibaba untuk mendefinisikan ulang perdagangan dengan mengintegrasi kegiatan online dan offline.

 

 

1 dari 2 halaman

New Retail

Melihat integrasi dua dunia tersebut, Alibaba Group CEO Daniel Zhang mengatakan, 11.11 Global Shopping Festival merupakan kolaborasi bisnis berskala besar yang menyatukan konsumen, pedagang, perusahaan logistik, institusi keuangan, toko online dan fisik, serta pusat perbelanjaan di seluruh dunia.

Selain itu, Alibaba juga akan berkolaborasi dengan 52 pusat perbelanjaan untuk mendirikan 60 toko kecil yang didukung dengan konsep New Retail di 12 kota Tiongkok. Konsumen dapat merasakan pengalaman baru pada saat mengunjungi toko-toko tersebut, salah satunya mencoba lipstik dengan menggunakan augmented reality (AR).

"Festival tahun ini merupakan kesempatan yang baik untuk menunjukan inisiatif New Retail yang dipelopori oleh Alibaba," ujar Zhang.

Artikel Selanjutnya
Satu Lagi Online Shop Singapura Buka Toko di Jakarta
Artikel Selanjutnya
(X)S.M.L Hadirkan Pilihan Trendi Wanita Modern Berprestasi