Sukses

Selalu Gugup Saat Presentasi? Atasi dengan 4 Hal Berikut ini

Liputan6.com, Jakarta Bagi sebagian orang, presentasi adalah hal yang sangat menakutkan. Takut tampil tidak sempurna di depan klien, kesalahan dalam penyampaian materi dan kurangnya rasa percaya diri seringkali membuat banyak orang lebih memilih untuk menghindarinya.

Sebenarnya, presentasi bukanlah musuh yang harus Anda takutkan. Seperti yang dilansir dari Myfatpocket, Sabtu (4/11/17), berikut beberapa tips ampuh yang bisa menghilangkan rasa phobia Anda terhadap presentasi di depan umum.

Visualkan presentasi Anda

Sebelum memulai sebuah presentasi, sangat disarankan bagi Anda untuk memvisualisasikannya. Imajinasi mengenai alur presentasi, pengenalan terhadap pendengar, kesimpulan dan masalah yang akan muncul selama presentasi berlangsung sangatlah penting. Fokuskan pemikiran Anda kepada hal-hal yang positif sehingga mampu memberikan Anda ketenangan sebelum memulai hingga presentasi berakhir.

1 dari 3 halaman

Pelajari Slide Presentasi

Menguasai betul konten yang akan disampaikan akan membuat Anda lebih percaya diri dan merasa lebih terkendali. Hafalkan bagian-bagian penting serta urutan slide yang akan Anda sampaikan sehingga para pendengar akan takjub terhadap isi presentasi Anda.

ilustrasi Foto Wanita Karir (iStockphoto)

 

2 dari 3 halaman

Siapkan Jawaban

Banyak orang akan diserang rasa panik dan ketakutan pada saat mereka diberikan pertanyaan-pertanyaan sulit yang diluar dugaan. Anda harus mempersiapkan diri untuk situasi yang seperti ini dengan melatih membuat pertanyaan dan mencari jawaban terbaik sebelum presentasi dimulai. Berusahalah untuk tetap tenang ketika Anda berada dalam posisi ini.

Gali lebih dalam lagi pertanyaan yang diajukan sehingga Anda bisa menemukan celah untuk menjawabnya.

Meditasi

Cobalah melakukan meditasi sebelum presentasi dimulai. Latihan pernafasan akan membantu menurunkan molekul peradangan dan hormon stress hingga 15 persen. 

Artikel Selanjutnya
Jangan Bunuh Diri dengan Kelakuan Tak Pantas Bos Anda
Artikel Selanjutnya
6 Pertanyaan yang Membuat Hubungan Semakin Romantis