Sukses

Semarang Akan Punya Taman Budaya Pertama Berkonsep Outdoor

Taman budaya ini diharapkan menjadi tempat masyarakat dan seniman Semarang untuk berkreasi dan mencipta karya.

Liputan6.com, Jakarta Setelah Galeri Indonesia Kaya, Bakti Budaya Djarum Foundation akan membangun ruang publik lainnya yang berkonsep edukasi untuk memperkenalkan kebudayaan Indonesia. Diberi nama Taman Indonesia Kaya, ruang publik ini akan dibangun di Taman Menteri Soepeno, Mugasari, Semarang. Taman Soepeno sendiri telah lama digunakan masyarakat sebagai tempat untuk sekadar bersantai dari rutinitas pekerjaan.

Dengan memanfaatkan Taman Soepeno yang bakal menjadi taman budaya pertama di Jawa Tengah dengan konsep outdoor, diharapkan masyarakat dan para seniman lokal bisa berekspresi yang langsung dapat dinikmati masyarakat secara gratis.

Terkait pembangunan Taman Indonesia Kaya, President Director Djarum Foundation, Victor Rachmat Hartono mengatakan, pembangunan taman yang dilakukan atas kerjasama dengan Pemkot Semarang ini merupakan wujud komitmen kami untuk terus mempromosikan dan melestarikan kebudayaan Indonesia, khususnya kepada anak-anak milenial.

“Semoga hadirnya taman ini dapat menciptakan dan mengembangkan lebih banyak lagi seniman dan orang-orang kreatif di Jawa Tengah,” ungkap Victor, menurut keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com, Kamis (2/11/2017).

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tanggapan Walikota Semarang

Sementara itu, Walikota Semarang Hendrar Prihadi mengatakan, pihaknya menyambut baik ide membangun Taman Indonesia Kaya yang memanfaatkan lahan Taman Menteri Soepeno, untuk dijadikan ruang publik berbasis budaya untuk masyarakat. Kehadiran taman ini bisa menjadi rumah bagi para seniman di Jawa Tengah untuk mengadakan beragam kegiatan dan pertunjukkan.

 

“Ruang publik semacam ini dibutuhkan, terutama bagi mereka para seniman dan komunitas kreatif untuk menciptakan ide-ide baru. Kami sangat mendukung upaya apapun untuk mengembangkan seni budaya Jawa Tengah dan mendorong lebih banyak lagi orang-orang kreatif, khususnya dari generasi muda,” ungkap Hendrar.

Taman Indonesia Kaya Semarang sendiri akan dibangun di area seluas 5.000 meter persegi. Taman ini akan dilengkapi fasilitas panggung luar ruang dan akan digelar pementasan tiap bulannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini