Sukses

Catat, Jakarta Fair 2018 Digelar Pertengahan Tahun Depan

Liputan6.com, Jakarta Setelah sukses di tahun ini, event pameran dan hiburan terbesar di Asia Tenggara, Jakarta Fair Kemayoran (FJK) akan kembali digelar pada pertengahan  tahun depan, tepatnya 24 Mei hingga 1 Juli 2018. Ketua Panitia Penyelenggara JFK, Prajna Murdaya saat jumpa pers di Gedung Pusat Niaga, Selasa (31/10/2017) mengatakan, pihaknya sengaja mempromosikan JFK jauh-jauh hari mengingat event ni selalu ditunggu-tunggu masyarakat Jakarta, termasuk para calon tenant.

“Tahun depan kita gak fokus dengan jumlah kunjungan, kita fokus kenyamanan pengunjung,” ungkap Prajna.

Salah satu bentuk kenyamanan yang ditawarkan pihak penyelenggara adalah sistem parkir yang baru. Mengingat tiap penyelenggaraan JFK, pintu masuk JIExpo selalu macet karena parkir kendaraan yang penuh.

“Kita punya kapasitas parkir 80.000, 50 persennya sudah digunakan pekerja dan pegawai JIExpo, tahun depan 30 persen dari 50 persen itu akan kita gunakan buat pengunjung. Dengan pengaturan ini, kemacetan di pintu masuk akan berkurang di jam-jam padat,” ungkap Prajna.

Sementara itu, Marketing Director PT JIExpo, Ralph Scheunemann mengatakan, belum ada di dunia ada pameran terlama seperti Jakarta Fair. Tren retail yang banyak tutup, tidak membuat pengunjung menurun, hal tersebut terbukti dengan gelaran Jakarta Fair tahun ini. Meski bisnis retail makin lesu, Ralph mengakui antusiasme retail untuk ikut Jakarta Fair tetap tinggi.

“Dari tahun ke tahun target transaksi naik sekitar 10-15 persen. Pengunjung bagi kami sudah mencapai titik tertinggi, sekarang tinggal fokus pada kenyamanan mereka,” ungkap Ralph.

Ralph juga mengakui, gelaran JFK selalu mendapat dukungan dari Pemprov DKI, mengingat acara ini juga digelar dalam rangka memeriahkan HUT DKI Jakarta.

“Kami tiap tahun sediakan stan khusus buat Pemprov DKI, program OK OCE bisa memanfaatkan itu. UKM-UKM yang biasa ikut juga bilang happy, dan mau ikut lagi. Kami selalu dukung UKM,” kata Ralph.

Selama 51 tahun penyelenggaraan, JFK telah menjadi ikon wisata belanja di Jakarta. Tahun depan, gelaran JFK akan diramaikan dengan logo Wonderful Indonesia, sebagai promosi pariwisata, dan menjadikan JFK sebagai salah satu destinasi wisata belanja yang perlu dikunjungi wisman. Tak hanya itu, kontribusi JFK bagi pariwisata Jakarta juga terlihat dari banyaknya hotel yang penuh saat gelaran JFK berlangsung.

 

 

Artikel Selanjutnya
Catat Dulu Jadwal Festivalnya Sebelum Beli Tiket Pesawat ke Bali
Artikel Selanjutnya
Presiden Jokowi Bakal Hadiri Puncak Festival Pesona Palu Nomoni