Sukses

5 Tanda Pasangan Memanipulasi Anda, Kenali Segera

Liputan6.com, Jakarta Fenomena hubungan gaslighting sebaiknya tidak diabaikan. Sebab, hal ini dapat menjadi sumber menurunnya kualitas hidup dan kesehatan mental. Apakah itu hubungan gaslighting?

Dilansir dari Together Magazine, Jumat (20/10/2017), hubungan gaslighting seperti yang didefinisikan dalam Psychoanalysis & Psychotherapy adalah hubungan dengan salah satu atau kedua belah pihak melakukan tindakan untuk mencoba membuat pasangannya meragukan penilaian dan persepsi pribadinya. Dalam kata lain, hubungan yang di dalamnya terjadi tindak kekerasan psikologi yang menyebabkan seseorang menjadi lemah secara mental dan kehilangan jati dirinya.

Istilah gaslighting sendiri berasal dari sebuah film berjudul Gaslight yang dirilis tahun 1940 di Inggris dan 1944 di Amerika. Film Gaslight berkisah tentang seorang suami yang melakukan tindakan manipulasi psikologi kepada istrinya sehingga sang istri lambat laun percaya bahwa dirinya sudah kehilangan akal sehat.

Anda perlu mengetahui tanda-tanda pada diri pasangan Anda, apakah ia adalah seorang gaslighter di hubungan yang sedang dijalani. Berikut tanda-tanda yang harus Anda cermati.

1. Ia cenderung tidak peduli dan menganggap remeh Anda dan hal-hal yang Anda sukai.

2. Ia cenderung mengerdilkan, mengabaikan, atau menganggap remeh perasaan Anda.

3. Ia selalu menyalahkan Anda, dan cenderung memperbesar masalah sehingga membuat Anda merasa selalu salah.

4. Ia selalu membuat Anda meminta maaf, dan akan marah jika tidak Anda lakukan.

5. Ia merasa senang jika dapat mengontrol diri dan perasaan Anda.

 

Donna Ayu Savanti

 

Saksikan juga video menarik berikut.

Artikel Selanjutnya
Tips Hindari Pertengkaran Pasangan agar Tak Berujung Pembunuhan
Artikel Selanjutnya
10 Cara Bangkitkan Gairah Pasangan Saat Berhubungan Seks