Sukses

Kemenhub Siap Bangun Pelabuhan Baru di Belitung

Liputan6.com, Jakarta Semangat Indonesia Incorporated dalam membangun sektor pariwisata kembali menggema. Adalah Kementerian Perhubungan yang akan membangun sarana penunjang pariwisata di Kabupaten Belitung, Provinsi Bangka Belitung.

Kementerian dibawah komando Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi itu akan membangun Pelabuhan Tanjung Batu sebagai pelabuhan bongkar muat kontainer dan penumpang wisatawan.

Hal tersebut diutarakan Budi Karya usai meninjau langsung kondisi Pelabuhan Tanjung Batu yang saat ini digunakan sebagai tempat bongkar muat tambang pasir, Sabtu (28/10/2017).

"Hal ini guna lebih mendukung peningkatan pariwisata di Belitung. Pembangunannya akan kita lakukan tahun depan, Insya Allah Februari 2018 akan kita lakukan (pembangunan)," ujar Budi Karya.

Untuk saat ini pihaknya akan lebih dulu menyelesaikan segala proses awal yang kaitannya dengan serah terima asset dari daerah ke pusat.

"Saya sudah koordinasi mungkin satu bulan ini serahkan asset kepada pemerintah pusat, kami akan menganggarkan nya di 2018,” jelas Menhub.

Dalam peninjauan tersebut Menhub menemukan fakta bahwa selama ini ada pergeseran fungsi dari pelabuhan Tanjung Batu. Pelabuhan yang seharusnya digunakan untuk bongkar muat kontainer dan pariwisata yakni penumpang, malah untuk bongkar-muat pasir sehingga mengakibatkan pelabuhan menjadi rusak.

Untuk itu, dalam kesempatan yang sama Menhub langsung meminta kepada pemerintah setempat memindahkan aktivitas bongkar muat pasir ke tempat lain.

“Oleh karenanya saya menganjurkan pelabuhan pasir tidak disana (Tanjung Batu) lagi, kita minta ke tempat lain, kami akan perbaiki Tanjung Batu,” ungkapnya.

Menhub menyatakan memiliki komitmen yang tinggi dalam turut memajukan sektor pariwisata tanah air. Termasuk untuk menganggarkan perbaikan Pelabuhan Tanjung Batu meski ia belum bisa memastikan besarannya.

Namun yang jelas dirinya berjanji akan mendukung penuh rencana pembangunan Pelabuhan Tanjung Batu, terlebih ini terkait dengan pariwisata.

Menteri Pariwisata Arief Yahya menyambut baik dan memberikan apresiasinya dalam langkah-langkah yang terus dilakukan Kemenhub dalam mendukung sektor pariwisata tanah air. Ini persis dengan apa yang diminta oleh Presiden Joko Widodo, yang telah menetapkan pariwisata sebagai salah satu leading sector perekonomian.

"Aksesibilitas merupakan salah satu faktor kunci keberhasilan dalam pengembangan sektor pariwisata. Dan Kemenhub memiliki peranan besar dalam hal itu," ujar Menpar Arief Yahya.

Belitung sendiri dikatakan Menpar merupakan salah satu destinasi prioritas pariwiasata nasional. Belitung memiliki ragam potensi wisata yang indah. Terutama wisata bahari dan budaya.

Di Belitung juga terdapat Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata Tanjung Kelayang.

"Sehingga keberadaan Pelabuhan Tanjung Batu yang akan mulai dibangun tahun 2018 akan semakin menambah daya tarik Belitung. Baik bagi wisatawan mapun imvestor," ujar Menpar.

Sebelumnya Kementerian Pariwisata juga sudah berhasil mendorong pengembangan Bandara Tanjung Pandan Belitung menjadi bandara internasional.

 

 

(*)

Artikel Selanjutnya
Menhub Serahkan Pengelolaan 10 Bandara dan 20 Pelabuhan ke Swasta
Artikel Selanjutnya
Kemenhub Kebut Pembangunan Pelabuhan Patimban