Sukses

Sulit Menjadi Orang Kaya Kalau Tidak Memahami 5 Hal Ini

Liputan6.com, Jakarta Jadi orang kaya pasti sudah jadi mimpi semua orang. Siapa yang tidak mau? Bisa beli ini-itu tanpa memikirkan biaya yang dikeluarkan, sepertinya mimpi yang jadi kenyataan.

Tapi, semua pasti setuju kalau dibilang bahwa menjadi orang kaya bukanlah hal yang mudah. Jelas, kalau gampang, di dunia ini tidak ada lagi yang namanya karyawan. Semua orang pasti jadi jutawan dan kerjanya hanya traveling.

Menjadi orang kaya memang tidak mudah, tapi bukan berarti tidak mungkin. Jadi kalau hanya berandai-andai tanpa usaha, ya jangan mimpi untuk mencapai kondisi bebas finansial itu.

Menurut DuitPintar.com, Anda akan kesulitan jadi orang kaya kalau tidak memahami lima hal berikut ini.

1. Menabung dan investasi itu wajib

Menabung adalah kunci bisa menjadi kaya. Itu sebabnya, ketika gajian masuk rekening, langsung tabung sekian persen. Ini akan berguna sebagai dana darurat ketika ada kebutuhan mendesak.

Selain disiplin nabung, update juga cara agar uang Anda beranak-pinak lewat instrumen investasi yang pilihannya makin banyak. Coba mulai ikutan investasi agar tujuan keuangan Anda bisa segera tercapai.

2. Kelola utang dengan benar

Berutang adalah sesuatu yang sulit dihindari. Berutang jadi salah saat porsinya sudah melebihi 30 persen dari penghasilan. Kalau ini terjadi, berarti ada yang salah dengan cara kita mengelola utang.

Saat hasrat berutang timbul, jangan buru-buru memutuskan. Cek dulu utang yang saat ini masih jadi kewajiban kita, masih amankah kalau ditambah?

3. Selalu mau memperbaiki diri

Ayo deh mulai berpikir tentang pencapaian karier saat ini. Apa iya sudah cukup, atau harus lebih? Jangan antipati dengan input atau kritikan dari orang lain, apalagi kalau sifatnya membangun. Dengan begitu, Anda bisa terus memperbaiki diri.

Tantang diri untuk keluar dari zona nyaman dan lakukan hal-hal yang di luar kebiasaan. Jangan melempem duluan karena malas dan tidak mau melakukan usaha lebih keras.

1 dari 2 halaman

4. Tidak mudah iri akan pencapaian orang

Rumput tetangga memang selalu lebih hijau dari rumput sendiri. Tapi bukan berarti kita hanya bisa iri dan nyinyir dengan kesuksesan orang lain.

Justru jadikan kesuksesan orang sebagai pemecut semangat Anda agar bisa jadi lebih sukses. Kalau hanya bisa iri, tidak akan ada pengaruh apapun juga untuk hidup Anda bukan?

5. Mau hidup sederhana dan hemat, tapi bukan pelit

Pasti Anda punya akun Facebook kan? Tahu tidak kalau Founder dan CEO Facebook Mark Zuckerberg kerap tampil sederhana walau sudah bergelimang harta? Bajunya saja hanya kaos dan jeans dengan warna yang sama setiap hari.

Tapi tunggu dulu, jangan langsung bilang Mark itu pelit. Salah satu alasan Mark mengenakan baju sederhana adalah karena menurutnya, mengikuti tren hanya akan membuat hidup jadi konsumtif. Ia lebih memilih mengalokasikan uangnya ke hal-hal penting, seperti investasi dan beramal.

Artikel Selanjutnya
5 Hal yang Paling Dibenci Para Miliarder Dunia
Artikel Selanjutnya
Ini 4 Cara Menanggapi Pembohong