Sukses

5 Cara Sederhana Menunjukkan Rasa Cinta pada Anak

Liputan6.com, Jakarta Orangtua mana yang tak cinta dengan anak-anaknya? Anda yang sudah menjadi ibu atau ayah tentu paham betapa Anda berusaha memberikan yang terbaik sebagai bukti cinta kepada sang buah hati. Selain dengan memenuhi kebutuhannya, Anda pun perlu untuk mengungkapkan rasa sayang melalui berbagai cara lain yang secara langsung dapat memperkuat ikatan antara Anda dan diri mereka.

Melansir halaman Your Tango pada Kamis (2/11/17), berikut ini adalah 5 cara sederhana untuk mengungkapkan rasa cinta Anda kepada anak.

Mendengarkan

Ketika ia berbicara, cobalah untuk mendengarkannya dengan perhatian yang sungguh-sungguh. Sama seperti orang pada umumnya, anak-anak Anda berpikir tentang banyak hal dalam kepalanya dan mereka pun akan berusaha untuk mengkomunikasikan hal-hal tersebut kepada orang-orang di sekitarnya. Dengan mendengarkan dengan penuh perhatian, anak Anda akan merasa dipedulikan dan ini penting bagi perkembangan jiwanya.

Minta pendapat

Selain mendengarkan, Anda juga harus melibatkannya dalam diskusi jika Anda benar-benar mencintainya. Dengan cara ini, anak Anda akan merasa sebagai bagian dari kehidupan Anda dan tidak diasingkan. Dari segi substansi, pendapatnya mungkin belum matang, tapi ingatlah bahwa ini bukan utamanya tentang isi pendapat anak melainkan tentang bagaimana ia dilibatkan sebagai anggota keluarga.

Peluk

Hal ini tentu sudah sangat jelas bagi Anda. Sentuhan dapat berbicara lebih banyak dibanding ucapan verbal. Peluklah Anak Anda dan ikatan emosional yang kuat dapat terjalin. Selain memberikan rasa nyaman dan dukungan, pelukan merupakan bahasa fisik bahwa Anda menyayanginya.

 

1 dari 2 halaman

Makanan favorit

Memasak atau membelikannya makanan favorit merupakan alternatif untuk menyatakan rasa cinta Anda kepada buah hati. Secara langsung, anak Anda akan merasa bahagia. Namun tanpa ia sadari, pikirannya pun akan membentuk satu gambaran tentang orangtua yang perhatian dan mengerti dirinya.

Waktu bersama

Hal yang juga sangat penting bila Anda ingin mengungkapkan rasa sayang kepada anak adalah meluangkan waktu bersama. Semua ucapan atau pun hadiah yang Anda berikan padanya tak pernah sebanding dengan keberadaan diri Anda di sisinya. Saat bersama Anak, lakukanlah kegiatan yang interaktif. Mengobrol santai bisa menjadi pilihan paling mudah namun punya efek besar ketika sukses dilakukan.

Bio In God Bless

Artikel Selanjutnya
Penyakit Langka Tak Hentikan Gadis Ini Ciptakan Lukisan Indah
Artikel Selanjutnya
Lakukan Hal Ini Jika Ingin Anak Jadi Orang Sukses