Sukses

Sketsa Bisa Jadi Media yang Bagus untuk Promosikan Pariwisata

Liputan6.com, Jakarta Traveling dan menggambar merupakan dua hobi yang berbeda. Tapi di tangan para seniman sketcher, dua hal berbeda ini bisa saling bersinggungan dan menjadi promosi pariwisata yang masif. Melihat tren sketsa yang mulai berkembang di kalangan traveler, 1O1 Hotel bersama komunitas sketcher menggelar acara 1O1 Travel Sketch dengan menggambar beragam destinasi wisata yang ada di Bogor.

Ersta, salah seorang dari komunitas Bogor Sketcher saat ditemui Liputan6.com, Sabtu (28/10/2017) mengakui, tren sketsa makin berkembang di Indonesia, termasuk di Bogor. Menurutnya makin banyak orang dari beragam latar belakang yang mulai tertarik dengan sketsa, apalagi kini mulai marak apa yang disebut dengan travel sketch.

“Justru awalnya dari situ, orang suka traveling lalu digambar, setahuku sketching ini awalnya juga dipopulerkan sama seorang wartawan, dia sering jalan kemana-mana, sambil traveling dia membuat sketch, lalu dia bercerita di situ,” ungkap Ersta.

Menurut Ersta, semua yang ingin melakukan dan mendalami hobi menyenangkan ini tak perlu ragu. Ersta mengatakan, semua orang pada dasarnya punya kemampuan menggambar.

“Anak kecil itu kan selain ngomong, itu pasti mereka juga pegang pensil dari kecil. Entah itu tembok yang dicoret-coret, atau apa, itu pasti mereka berekspresi sama itu. Tinggal diarahkan saja. Aku pikir semua orang bisa melakukan ini, kalau mau ya pasti bisa. Jangan takut dibilang jelek. Semua orang punya gaya menggambarnya masing-masing,” ungkap Ersta.

Ersta menyadari, seiring dengan makin meningkatnya tren traveling di kalangan milenial, aktivitas sketching bisa menjadi hobi baru yang menjanjikan. Apalagi aktivitas ini bisa menjadi promosi tersendiri bagi destinasi wisata saat karya sketsa diunggah ke media sosial. Ke depan dirinya yakin, karya sketsa bisa menjadi media yang bagus untuk mempromosikan destinasi wisata, bahkan termasuk wisata kuliner

Video: Ahmad Ibo/ Liputan6.com.

 

1O1 Travel Sketch

Bekerjasama dengan 1O1 Hotel, komunitas sketsa di Bogor menggelar acara bertajuk 1O1 Travel Skecth, yaitu aktivitas menggambar beragam destinasi wisata yang ada di Kota Bogor. Diikuti rastusan peserta dari berbagai kalangan, termasuk anak-anak, acara yang digelar selama dua hari, 28 dan 29 Oktober ini berlangsung meriah. Yang menarik, karya sketsa para seniman dari komunitas Bogor Sketcher dan Sketchwalker dilelang, dan hasil penjualannya didonasikan untuk pengembangan Pulo Geulis menjadi destinasi wisata kampung pelangi di Bogor.

Artikel Selanjutnya
Mengibarkan Semangat Kreatif di Menara Kibar
Artikel Selanjutnya
Perusahaan Tambang di Morotai Ingin Kembangkan Pariwisata