Sukses

Citilink Perkuat Akses ke Destinasi Prioritas Danau Toba

Liputan6.com, Jakarta Maskapai berbiaya murah (LCC), Citilink, resmi memperkuat akses ke salah satu destinasi prioritas pariwisata Indonesia, Danau Toba. Sabtu (28/10/2017), Citilink resmi mendaratkan pesawat Narrow Body A320 Neo berkapasitas 180 penumpang di Bandar Udara Internasional Silangit dalam rute terbaru Halim Perdana Kusuma-Silangit.

Turut serta dalam Inaugural Flight tersebut, Menteri Pariwisata Arief Yahya yang didampingi Direktur Utama Citilink Indonesia Juliandra Nurtjahjo.

Mimpi besar menjadikan Danau Toba sebagai destinasi wisata kelas dunia pun semakin terang. Arus wisatawan akan semakin mudah. Pariwisata sebagai salah satu leading sector perekonomian nasional pun akan semakin terbukti.

Arief Yahya dalam sambutannya sesaat sebelum lepas landas dari Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta, mengatakan bahwa penerbangan perdana ke Silangit ini adalah bukti nyata sekaligus dukungan dan komitmen Citilink Indonesia dalam pengembangan pariwisata nasional. Menurutnya, pembukaan akses adalah salah satu yang terpenting dalam berkembanganya satu destinasi.

"Ini bukti nyata dukungan dan komitmen Citilink Indonesia. Dibukanya Bandara Silangit sebagai gerbang masuk wisatawan internasional diharapkan dapat meningkatkan kunjungan wisatawan, perdagangan, dan investasi di Kawasan Danau Toba," ujarnya.

Menteri asal Banyuwangi tersebut mengatakan, sejak ditetapkan untuk menjadi bandara internasional, Bandara Silangit telah menunjukkan pengembangan infrastruktur yang baik, sehingga dapat mendorong pertumbuhan yang progresif atau dengan kata lain "Supply Creates Demand". Dengan begitu, internasionalisasi kawasan Danau Toba pun akan semakin cepat.

"Dengan diresmikannya Bandara Silangit sebagai bandara internasional akan mempercepat proses pencapaian target pemerintah dan menjadikan Sumatera Utara sebagai salah satu pelaku utama untuk memenuhi target tersebut," ucap Arief

Direktur Utama Citilink Indonesia, Juliandra Nurtjahjo, menjelaskan bahwa penerbangan rute Halim Perdanakusuma-Silangit memang sangat spesial. Selain rute baru, pesawat yang digunakan pun juga baru. Pesawat dengan nomor lambung PK-GTF ini baru saja tiba dari Toulouse, Prancis, Kamis (26/10/2017).

Diharapkan rute baru itu pun dapat mendukung pertumbuhan sektor pariwisata di Tapanuli Utara sehingga dapat turut berpartisipasi dalam mewujudkan Danau Toba sebagai "Bali Baru". Menjadikan Danau Toba salah satu lokasi wisata utama Indonesia selain Bali.

"Pembukaan rute ini merupakan momentum yang tepat dengan tiga pertimbangan yang mendasar, yaitu pertumbuhan ekonomi Sumatera Utara yang cukup tinggi sebesar 5,09 persen versi BPS, mempercepat konektivitas nusantara serta sebagai bentuk dukungan maskapai terhadap program pemerintah," ucap Juliandra.

Rute penerbangan Jakarta-Silangit merupakan rute ke-enam yang dibuka pada tahun ini setelah sebelumnya membuka rute ke Jayapura, Dili, Kendari, Gorontalo, dan Ambon.

 

 

(*)

Artikel Selanjutnya
Pertama Kalinya, Sriwijaya Air Bakal Bawa 188 Turis ke Belitung
Artikel Selanjutnya
Pakai Citilink, Warga Medan Bisa Terbang Langsung ke Yogya